TribunSumsel/

Percepat Pembangunan di Sumatera, Iskandar Rekomendasi 6 Isu Strategis

Dibidang pertanian menurut Bupati OKI ini produktivitas penanaman padi masih belum sesuai harapan.

Percepat Pembangunan di Sumatera, Iskandar Rekomendasi 6 Isu Strategis
Istimewa
Bupati OKI, H Iskandar, SE memimpin Para Kepala Daerah se pulau Sumatera yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten (APKASI) Regional Sumatera melakukan rapat koordinasi dalam rangka mempercepat pembangunan pulau Sumatera di Ball Room Sekretariat Apkasi, Jakarta, Senin (15/5/2017). 

JAKARTA - Bupati OKI, H Iskandar, SE memimpin Para Kepala Daerah se pulau Sumatera yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten (APKASI) Regional Sumatera melakukan rapat koordinasi dalam rangka mempercepat pembangunan pulau Sumatera di Ball Room Sekretariat Apkasi, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Ada enam (6) isu strategis yang menjadi bahasan utama para kepala daerah ini, antara lain bidang infrastruktur, pertanian, kesehatan, pedidikan, kerjasama antar daerah dan perizinan.

Dibidang infrastruktur menurut Koordinator APKASI regional Sumatera ini, sebagian besar fasilitas infrastruktur di pulau Sumatera mengalami kerusakan.

Penyebabnya antara lain karena, kondisi geografis, faktor alam serta kelebihan tonase kendaraan.

“Daerah mengalami kesulitan untuk membangun dan memelihara infrastruktur. Masalah ini patut menjadi perhatian bersama, sehingga perlu menjadi rekomendasi dari kita bersama ke pemerintah pusat” ungkap Iskandar.

Dibidang pertanian menurut Bupati OKI ini produktivitas penanaman padi masih belum sesuai harapan.

Penyebannya antara lain, intensitas hujan yang tinggi yang menimbulkan bencana banjir dan kemarau panjang serta terlalu panjangnya rantai tata niaga komoditi strategis pertanian seperti padi, jagung, kedelai, cabai dan bawang merah.

oki

“Musim tanam kita tidak bisa diprediksi karena perubahan iklim dan rantai tata niaga komoditi andalan terlalu panjang, sehingga perlu ada upaya meningkatkan produktivitas pertanian” katanya.

Menghadapi permasalahan tersebut Iskandar mengusulkan perlu adanya pembangunan dan perluasan irigasi lintas kabupaten dan provinsi, mengoptimalisasi lahan rawa, serta perluasan lahan sawah baru untuk mengantisipasi alih fungsi lahan.

Dibidang Pendidikan permasalahan yang dihadapi, yaitu belum meratanya guru dan tenaga yang berstatus ASN terutama di daerah terpencil dan pelosok.

Halaman
12
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help