Kadinkes Sumsel : Kebutuhan Atlet Prioritas RSUP Sumsel

Rumah Sakit Umum Provinsi Sumatera Selatan dipastikan akan rampung sebelum Asian Games 2018 mendatang.

Kadinkes Sumsel : Kebutuhan Atlet Prioritas RSUP Sumsel
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini MKes 


Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Weny Wahyuni

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG - Rumah Sakit Umum Provinsi Sumatera Selatan dipastikan akan rampung sebelum Asian Games 2018 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Hj Lesty Nurainy mengatakan Rumah Sakit rujukan provinsi tersebut memiliki keunggulan yang khusus untuk pasien yang menderita karena cidera olahraga. 

Ia menyebutkan tiga fasilitas unggulan yang dimiliki oleh RS tersebut adalah Ortopedi, Kardiologi dan Traumatologi yang menjadi fasilitas utama Rumah Sakit yang akan dimanfaatkan untuk Asian 2018 mendatang. 

"Kita kan ada Jakabaring Sport City (JSC), jadi fasilitas unggulan itu kan khusus untuk penanganan atlet yang mengalami cidera."

"Jadi nanti seandainya ada atlet yang cidera langsung dibawa ke rumah sakit ini (RSUP), bisa dengan naik LRT langsung turun disini (stasiun LRT)," kata Lesty di kantornya, Rabu (10/5).

Lesty merincikan alat ortopedi adalah alat kesehatan yang dirancang untuk menyelaraskan, memperbaiki posisi, menyokong, menstabilkan serta melindungi bagian-bagian tertentu dari tubuh misalnya otot, sendi dan tulang.

Alat ini sering diberikan kepada pasien untuk digunakan selama proses pemulihan dan rehabilitasi. Sementara Kardiologi digunakan untuk mendiagnosa penyakit jantung dan pembuluh darah dan  Traumatologi digunakan untuk pasien yang mengalami cedera dan trauma. 

"Ketiganya ini kan berhubungan dengan olahraga, jadi untuk 2018 ini, inilah fasilitas unggulan Rumah Sakit tersebut," tambah Lesty. 

Selain dapat diantar langsung dengan menggunakan Light Rail Transit (LRT), lanjut Lesty pasien pula bisa diantarkan langsung dengan menggunakan helikopter yang pastinya sudah disediakan untuk perhelatan akbar tersebut.

"Di rumah sakit tersebut pula disediakan Helipad (landasan untuk helikopter), jadi pasien bisa diantarkan langsung," terangnya. 

Lesty menginformasikan bahwa saat ini progres pembangunan RSUP tersebut mencapai 90 persen. Ia melanjutkan bahwa tahun ini nilai kontraknya sebesar Rp 177 Miliar. 

"Launching insya Allah sebelum Asian Games 2018," bebernya yang juga mengatakan pengadaan fasilitas rumah sakit dilakukan secara bertahap. 

Lesty pula menerangkan bahwa rekrutmen tenaga medis di RSUP tersebut sedang dalam proses dan dilakukan oleh pihak ketiga. 

"Yah kita berharap rumah sakit ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga dapat mensukseskan Asian Games 2018," tukasnya.

Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help