TribunSumsel/

Dua Pencuri Kotak Amal Masjid Diringkus Polisi, Modusnya Ternyata Begini !

Guna kepentingan penyelidikan dan proses lebih lanjut, pelaku berikut barang bukti diamankan di Mapolsek Prabumulih Barat.

Dua Pencuri Kotak Amal Masjid Diringkus Polisi, Modusnya Ternyata Begini !
TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Dua pelaku pencurian sepesialis mencuri kotak infaq masjid, berhasil diringkus jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Prabumulih Barat, Minggu (7/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Dua pelaku pencurian spesialis mencuri kotak infaq masjid, berhasil diringkus jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Prabumulih Barat, Minggu (7/5/2017).

Kedua pelaku yakni Madon Bin Edo lumban Tobing (23) warga Jalan M Yamin Gang Rambang Kelurahan Pasar I Kecamatan Prabumulih Utara dan Erwin Saputra Bin Taufik Basir (23) warga Jalan Azizah Songket RT 07 No 04 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur.

Dari tangan dua pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa satu buah kotak Infaq masjid Almunawaroh uang tunai sebesar Rp 100 ribu diduga hasil pencurian dan satu unit kunci berbentuk leter T yang digunakan mencongkel kotak infaq.

Guna kepentingan penyelidikan dan proses lebih lanjut, pelaku berikut barang bukti diamankan di Mapolsek Prabumulih Barat.

Informasi berhasil dihimpun Tribunsumsel.com, diringkusnya Madon dan Erwin bermula dari laporan Lukman Bin H Usman (41) ke SPK Polsek Prabumulih Barat.

Dalam laporannya dengan nomor LP/B/ 57 /IV/2017/Sumsel /Pbm/sek Pbm Barat, Lukman mengatakan ada dua pria melakukan pencurian kotak amal di masjid Alnunawaroh tepatnya di Jalan Surip Gang Setia. Kedua pelaku melakukan pencurian diduga dengan cara mendorong pintu samping masjid lalu masuk dan mengambil uang di dalam kotak amal dengan cara mencongkel menggunakan kunci leter T.

Petugas yang mendapat laporan tersebut langsung melakukan penyelidikan dan memeriksa saksi-saksi hingga mengetahui dua pelaku merupakan Madon dan Erwin. Selanjutnya petugas yang melakukan pengejaran mendapatkan informasi dari masyarakat jika kedua pelaku tengah nongkrong di Jalan Urip Sumoharjo tak jauh dari kantor Pos Prabumulih.

Tanpa membuang waktu, petugas langsung meringkus dua pelaku tanpa perlawanan dan menggelandang keduanya ke Mapolsek Prabumulih Barat.

Dihadapan petugas, Madon dan Erwin mengakui pebuatannya mencuri uang di kotak amal masjid Almunawaroh. "Kami masuk masjid dari pintu samping dan kemudian mencongkel uang-uang di kotak amal masjid, saya bagian mencongkel sementara Madon mengawasi jika ada orang di luar masjid," ungkap Erwin dihadapan polisi.

Erwin mengatakan, uang hasil mencuri kotak infaq masjid kemudian dibagi berdua, selanjutnya uang digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari.

"Saya dapat bagian sebanyak Rp 300 ribu dan Madon mendapat bagian sebesar Rp 200 ribu, setelah bagi kami pulang dan kemudian kami diringkus polisi," bebernya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SH SIK MH didapingi Kasat Reskrim, AKP Eryadi membenarkan adanya tangkapan tersebut.

"Pelaku telah kami amankan dan masih menjalani pemeriksaan di Polsek Prabumulih Barat," tegasnya

Penulis: Edison
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help