TribunSumsel/
Home »

Bisnis

» News

Bawang Putih di China Lebih Murah Daripada Dalam Negeri Bulog Berdalih Begini

Saat ini Bulog tengah mempersiapkan melakukan importasi bawang asal China guna menstabilkan harga bawang putih di Indonesia.

Bawang Putih di China Lebih Murah Daripada Dalam Negeri Bulog Berdalih Begini
authoritynutrition
bawang putih garlic 1 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - Bawang putih sebagai salah satu komoditas hortikultura tengah menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Sebab, ada tren kenaikan harga yang tidak wajar pada komoditas ini.

Seperi diketahui, kebutuhan bawang putih Indonesia mayoritas dipasok dari China.

Namun, pergerakan harga bawang putih di Indonesia cenderung merangkak naik sedangkan di China alami penurunan.

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti berkomentar mengenai perbandingan terbalik harga bawang putih di China dan di Indonesia ini.

Dia mengungkapkan, dalam beberapa hari terakhir pergerakan harga bawang putih di China tengah alami penurunan akibat memasuki masa panen.

"Tidak bisa diingkari sumber bawang putih terbesar di Indonesia dariChina, dan harga disana akan sangat mampu mempengaruhi harga di sini (Indonesia) karena mayoritas dari sana, dan akhir bulan ini mulai panen, dan harganya akan turun," ungkap Djarot saat berbincang dengan Kompas.com, Sabtu (6/5/2017).

Djarot mengatakan, harga bawang putih di China saat ini mencapai 2.000 dollar AS per ton, atau setara Rp 26.600.000 dengan kurs Rp 13.330 per dollar AS.

"Hari ini harganya sudah 2.000 dollar AS per ton, bahkan untuk panen baru sudah jauh di bawah 2.000 dollar AS per ton," ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini Bulog tengah mempersiapkan melakukan importasi bawang asal China guna menstabilkan harga bawang putih di Indonesia.

Halaman
12
Editor: Hartati
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help