TribunSumsel/

Unik ! Begini Cara Polwan Prabumulih Rayakan Kartini, Pengendara Dapat Bunga dan Bebas Tilang !

Selain membagikan bunga, ada yang unik dalam kegiatan itu jajaran Satlantas memaafkan pengendara yang melakukan pelanggaran

Unik ! Begini Cara Polwan Prabumulih Rayakan Kartini, Pengendara Dapat Bunga dan Bebas Tilang !
TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Para Polwan Polres Prabumulih ketika membagikan bunga dan selebaran himbauan tertib berlalulintas ke pengendara melintas di jalan Jenderal Sudirman kota Prabumulih, Jumat (21/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Memperingati hari kartini, Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Prabumulih membagikan bunga dan himbauan berkendara kepada seluruh pengguna yang melintas di jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Pasar Prabumulih, Jumat (21/4/2017).

Pantauan Tribunsumsel.com, pembagian bunga dalam memperingati hari kartini itu sendiri dilakukan para polisi wanita (Polwan) di lingkungan Polres Prabumulih dipimpin langsung Kasat Lantas, AKP Novrizal Dwiyanto SH.

Selain membagikan bunga, ada yang unik dalam kegiatan itu jajaran Satlantas memaafkan pengendara yang melakukan pelanggaran.

Namun pengendara diberi bunga dan diberi penjelasan terkait berkendara dengan baik, jika kedepan kembali terjaring melanggar maka akan langsung dilakukan tilang.

Pada kesempatan itu juga para polwan cantiik polres Prabumulih membagikan selebaran berisikan tips berkendara dengan baik dan penjelasan tentang pelanggaran-pelanggaran lalulintas.

"Jadi memang kami memperingati hari kartini ini melakukan kegiatan pembagian bunga sebagai simbol agar pengendara mematuhi aturan berlalulintas dan menciptakan tertib lalulintas yang berkeselamatan," ungkap Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Lantas, AKP Novrizal Dwiyanto SH ketika diwawancarai usai pembagian bunga dalam rangka kartini.

Menurut Novrizal, dalam momen hari kartini pihaknya sengaja membagikan bunga langsung oleh polwan-polwan, itu untuk menunjukkan jika wanita setara dengan polisi lelaki dan dekat dengan masyarakat.

"Khususn hari ini pengendara melanggar tidak kami tilang namun kami beri bunga dan diberi penjelasan tentang lalulintas serta teguran, namun jika hari-hari selanjutnya melanggar akan langsung ditilang," bebernya.

Kasat Lantas mengatakan, pihaknya juga memfokuskan mensosialisasikan aturan lalulintas ke pengendara khususnya ke para perempuan, disebabkan berdasarkan pantauan dilakukan jajarannya masih banyak perempuan yang kerab melanggar aturan berlalulintas.

"Selain itu meski kesadaran masyarakat di Prabumulih cukup tinggi namun masih banyak yang melanggar khususnya untuk melawan arus, ini yang terus kami lakukan penanganan," bebernya.

Lebih lanjut Novrizal mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk terus memahami tata tertib berlalulintas dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

"Para orang tua juga kami himbau untuk jangan biarkan anak-anak yang masih kecil terlalu bebas pakai kendaraan, kalau sudah celaka akan sangat disayangkan sekali," harapnya peran orang tua dan segenap pihak dalam membantu pengendara tertib berlalulintas sangat penting

Penulis: Edison
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help