TribunSumsel/

Ini Syarat Lembaga Pendidikan Nonformal untuk Mendapatkan Akreditasi

Menurut Yasmin, akreditasi lembaga pendidikan nonformal ini terbagi menjadi tiga kategori, A,B, dan C.

Ini Syarat Lembaga Pendidikan Nonformal untuk Mendapatkan Akreditasi
Tribunsumsel.com/Slamet Teguh Rahayu
‎Suasana pelatihan pembekalan pengelolaan akreditasi anggota badan akreditasi provinsi (BAP) dan staf sekretariat BAP PAUD dan PNF Provinsi Sumsel 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Slamet Teguh Rahayu

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menurut‎ anggota BAN PAUD dan PNF Komisi KPA, Yasmin Yesi Gusman,‎ tidak sulit untuk suatu lembaga mendapat akreditasi.

Syarat utamanya, lembaga pendidikan nonformal tersebut sudah operasional selama dua tahun, jumlah murid minimal 20 siswa, mendapatkan ijin operasional dari dinas pendidikan, sertifikasi guru, memiliki sarana dan prasarana yang jelas, serta beberapa syarat lainnya.

"Ini semua kami lakukan untuk menghindari adanya lembaga pendidikan nonformal siluman, yang hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah lantas mereka tutup. Sekarang ini lembaga pendidikan nonformal yang mendapat bantuan dari pemerintah adalah yang terakreditasi," tegasnya.

Menurut Yasmin, akreditasi lembaga pendidikan nonformal ini terbagi menjadi tiga kategori, A,B, dan C.

Sehingga setiap masa berlaku akreditasi ini habis, lembaga pendidikan nonformal ini bisa mengajukan permohon kembali untuk memperbaiki tingkat akreditasinya.

"Jadi masa berlaku akreditasi ini selama lima tahun yang dapat diperbarui," katanya.

Yasmin menegaskan, terkhusus untuk PAUD, dimana PAUDlah yang berperan mendidik anak pada usia aktif, maka pemerintah menargetkan setiap desa di seluruh Indonesia memiliki PAUD agar dapat memberikan ilmu kepada anak-anak usia dari 0-6 tahun.

"Target kita minimal satu desa satu PAUD, tapi kalau lebih ya tidak masalah," tegasnya.

Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help