TribunSumsel/
Home »

Video

Rugi Karena Putusan Hakim Begini Langkah Hukum yang Harus Dilakukan

KY Sumsel, Zaimah Husin menerangkan selama tiga tahun berada di Sumsel baru 28 laporan yang diterima era 2015-2017.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ketua Komisi Yudisial Prof Dr Aidul Fitriciada Azhari SH MHum menegaskan, bagi masyarakat yang merasa dirugikan dengan putusan hakim untuk segera melaporkan kepada lembaga yang bertugas mengawasi para wakil tuhan di dunia ini.

Penyelesaian kasus setelah diterimanya laporan, akan diselesaikan pada waktu 60 hari.

Sejauh ini baru ada 12 kantor penghubung yang tersebar di Indonesia, dimana satu kantor terdapat empat pengawas yang mengawasi beberapa pengadilan mulai dari tingkat negeri, tinggi, agama, TUN hingga militer.

"Tujuan kita juga untuk pencegahan, ini yang akan disosialisasikan kepada masyarakat, kalau Sumsel masih dibilang tidak banyak kasus, terkit substansi benar atau tidaknya putusan dari hakim juga tidak bisa diperiksa, yang kita lakukan hanya penegakan kode etik," terangnya.

Sementara, ketua penghubung KY Sumsel, Zaimah Husin menerangkan, selama tiga tahun berada di Sumsel baru 28 laporan yang diterima era 2015-2017.

Laporan yang diterima rata-rata ada dalam sengketa lahan, pidana dan perdata.

"Kepada masyarakat yang ingin melapor karena tidak puas atas kinerja hakim bisa mendatangi kantor KY yang gabung dengan kantor Baznas Sumsel," pungkasnya.

Penulis: Siemen Martin
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help