TribunSumsel/

Wajib Perhatikan Ini Sebelum Pasang Lampu LED di Mobil

Mobil keluaran terbaru biasanya sudah dipasangkan lampu light emitting diode (LED). Namun buat yang belum tersedia,

Wajib Perhatikan Ini Sebelum Pasang Lampu LED di Mobil
Kompas.com//ICHA RASTIKA
Anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menjaga mobil Kepresidenan yang diparkir di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (20/10/2014). Mobil ini akan digunakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke acara pelantikan presiden baru. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Mobil keluaran terbaru biasanya sudah dipasangkan lampu light emitting diode (LED). Namun buat yang belum tersedia, bisa pasang dari produk aftermarket.

Sebelum pasang, harus diperhatikan dulu sistem kelistrikan dari mobil tersebut. Kondisinya wajib stabil atau tegangannya tidak boleh naik-turun.

"Itu wajib, untuk memperpanjang masa pemakaian LED itu sendiri," kata Dedy Kurniawan, Head Marketing CV Sampurna Part Niaga (Autovision) kepada Otomania.com di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) belum lama ini.

Umur normal LED pada umumnya, lanjut Dedy sekitar 42.000 jam. Namun bisa cepat mati jika kondisi listrik tidak stabil. "Jenis lampu LED itu paling awet di antara jenis lainnya, tetapi kalau listriknya tidak stabil percuma," kata Dedy.

Namun, kata Dedy jangan khawatir, tetap bisa disiasati menggunakan relay set yang bisa dibeli di toko aksesori aftermarket. Alat itu mampu membuat pengeluaran listrik menjadi normal.

"Harga relay set itu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 250.00-an, tergantung merek dan berapa banyaknya. Kalau sudah pasang itu listrik bisa normal lagi, tidak naik-turun," kata Dedy.

Editor: Muhamad Edward
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help