TribunSumsel/

Sumsel Cari Investor MotoGP

Kalaupun ado duo, dak jadi soal. Siapo yang duluan bae. Di Spanyol ada 4 sirkuit MotoGP, padahal penduduknya hanya berapa, kita penduduk 250 juta.

Sumsel Cari Investor MotoGP
Rel
Sirkuti MotoGP di Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG  - Presiden Joko Widodo telah menadatangani pembagunan MotoGP di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu. Hal tersebut ditanggapi dengan santai oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin yang juga sangat bersemangat untuk membangun MotoGP di Palembang.

"Kita direstui duluan oleh Jokowi," kata Alex di Griya Agung Palembang, Selasa (4/4).

Memang di Sumsel, tepatnya di kawasan Jakabaring Palembang akan dibangun sirkuit MotoGP, namun hingga detik ini lahan yang telah disiapkan pun masih berupa rawa, belum terjamah sama sekali.

Meski belum ada progres saat ini, Alex meyakinkan bahwa tidak ada kendala untuk merealisasikan pembangunan sirkuit tersebut.

"Tidak ada kendala. Pertama kali MotoGP itu, kita. Presiden setuju diratas (rapat terbatas)," tambah Alex.

Menurut Alex biarkan saja orang nomor satu di Indonesia itu menandatangani persetujuan pembangunan di Lombok. Ada sirkuit lain di Indonesia selain di Palembang, Alex mengaku bukan menjadi persoalan.

"Kalaupun ado duo, dak jadi soal. Siapo yang duluan bae. Di Spanyol ada 4 sirkuit MotoGP, padahal penduduknya hanya berapa, kita penduduk 250 juta, kita ajak beradu ajak kompetisi," ungkap Alex.

Alex menjelaskan dalam setahun, ada banyak seri yang dipertandingan di MotoGP, oleh sebab itu meski banyak sirkuit di Indonesia, tentu kesempatan untuk Sumsel menjadi tuan rumah masih terbuka lebar.

"Dalam satu tahun ada berapa seri, bahkan satu bulan itu kadang dua tempat, bukan kalau disini 2018, disitu (Lombok) 2019, jadi sama-sama," ucap Alex.

Alex mengaku bahwa saat ini Sumsel masih dalam tahap pencarian investor untuk pembangunan sirkuit MotoGP yang rencananya akan dipakai pada MotoGP 2018 mendatang. Namun menurut Alex semuanya bertahap, termasuk dalam mencari investor.

"Investor lagi cari, kamu (wartawan) sabar-sabar. Habis Isya ini, tahajud. Mudah-mudahan (terwujud)," ucap Alex dengan candaan khasnya.

Kemarin orang nomor satu di Sumsel itu menyambut langsung kedatangan Dubes Berkuasa Penuh Amerika Serikat untuk RI, Joseph Donovan untuk MoU kerjasama antara Sumsel dan Amerika Serikat. Alex mengaku tidak menawarkan tamu tersebut untuk berinvestasi terkait MotoGP lantaran perusahaan yang dibawa dibidang teknologi, energi serta penerbangan, bukan bidang infrastruktur.

"Lain (bukan bidangnya). Kito tu jingok-jingok, kalau bukan bidangnya. Kalau pasti ditolak, ngapo nak ditawarkan," tukasnya. 

Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Yohanes Iswahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help