Gen Milenial

Hemat dan Sehat Ala Anak Muda : Bawa Bekal ke Kampus atau Jajan di Kantin ?

Tetapi banyaknya makanan-makanan cepat saji yang tersedia, terkadang malah menjadi boomerang bagi tubuh kita.

Hemat dan Sehat Ala Anak Muda : Bawa Bekal ke Kampus atau Jajan di Kantin ?
Tribun Sumsel/ Tiara Okatviani/ Youth
Bawa bekal ke kampus 

Laporan Jurnalis Youth Tribun Sumsel, Tiara Ayu Oktaviani

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA- Makanan adalah kebutuhan pokok setiap manusia, tanpa memandang usia, baik itu muda maupun tua pasti membutuhkan makan untuk menambah energi pada tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tetapi banyaknya makanan-makanan cepat saji yang tersedia, terkadang malah menjadi boomerang bagi tubuh kita.

Adanya makanan yang tidak sehat dan mengandung bahan-bahan berbahaya seperti formalin dan borax, menjadi ketakutan bagi masyarakat.

Disisi lain, makanan cepat saji dengan harga yang murah menjadi daya tarik tersendiri , sehingga masyarakat lupa akan kehigienisan dari makanan yang dikonsumsinya.

Hal ini juga yang dialami pada mahasiswa Teknik Sipil Universitas Sriwijaya, Fadel Muhammad.

Ia mengatakan bahwa tuntutan sebagai mahasiswa dengan banyaknya tugas dan tanggungjawab di luar kampus yang menyebabkan mahasiswa lebih memilih makanan di luar dibanding memasak sendiri.

“Harganya terjangkau, pas banget dengan kantong mahasiswa dan kalo makan di pinggir jalan porsinya juga banyak”, tambah Fadel.

Tapi tidak bagi mahasiswi berhijab satu ini.

“Kalo ke kampus aku pasti bawa bekal. Lagian hemat juga, uang dari kiriman orangtua bisa ditabung”, ujar Afifah Nurfajri Usman.

Bukan tanpa alasan Afifah membawa bekal sendiri dari rumah. Ia punya pengalaman tidak mengenakkan saat jajan di luar.

Saat awal perkuliahan gadis manis ini pernah mencoba makanan di luar , tetapi sepulangnya dia mengalami diare. Semenjak kejadian itu, dia mulai rajin memasak makanan sendiri dan membawa bekal ke kampus.

Kebiasaan Afifah juga, kadang kala menjadi contoh bagi teman-temannya, saat jam perkuliahan selesai tak jarang mereka makan bekal bersama. Keren banget ya.

“Iya, aku kan jarang olahraga, jadi biar bisa hidup sehat, salah satunya masak makanan sendiri, terjamin kualitasnya”, ungkap dara asal Lahat ini.

So, guys. Buat kalian mahasiswa dan mahasiswi, yok mulai cermat dalam memilih makanan! kalo ga ada pacar buat menyayangi diri sendiri dari sekarang sayangilah diri dengan hidup sehat dan hemat. (tir/@tiaraoktvn)

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help