Home »

Video

Video Tribun Sumsel

VIDEO : Varietas Barus yang Menguntungkan, Begini Cara Tanam Butternut Squash

Bagi kamu yang mempunyai lahan tidak terlalu besar atau ada lahan kosong yang tidak terpakai atau terbengkalai ada baiknya coba untuk menanam Butternu

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

 TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kalau diberita sebelumnya kamu bisa menjadikan Butternut Squash sebagai menu diet baru kamu. Kali ini buat kamu yang minat mencoba menanam labu imut ini, yuk cek tips cara menanam Butternut Squash ini.

Bagi kamu yang mempunyai lahan tidak terlalu besar atau ada lahan kosong yang tidak terpakai atau terbengkalai ada baiknya coba untuk menanam Butternut Squash hasilnya pun bisa dijual.

Petani Butternut Squash dan juga pegawai di Balai Pertanian Sumbawa, Banyuasin, Sumatera Selatan, Aprizal Alamsyah, membagikan ilmunya, yakin cara membudidayakan Butternut Squash.

Laki-laki yang biasa disapa Jaja ini mengatakan, budidaya Butternut Squash ternyata tidak sulit loh. Benihnya bisa didapat dari distributor di Jakarta yang langsung ekspor dari Amerika Serikat atau dengan cara membeli langsung dengannya dinomor kontak 0812-9118-9696 atau bisa menyambanginya langsung pada Sabtu-Minggu di Pangeran Ayin, Kenten Laut, Banyuasin, Sumsel bagi kamu yang ada di Palembang-Banyuasin.

Lanjut ya, dengan benih yang sudah dibeli langkah selanjutnya kamu semaikan dan letakkan di dalam Polybag untuk selanjutnya ditanam di dalam sebuah lubang yang harus kamu buat dulu ya.

Jangan lupa juga untuk memberikan media untuk rambatannya dengan meletakkan kayu berjejer agar daun dari si Butternut Squash ini bisa merambat kalau sudah besar, media rambatan juga harus diberikan plastik untuk mencegah gulma.

Agar tumbuh subur harus diberikan pupuk cair N-P-K pada setiap lubang, selain kesuburan harus diperhatikan serangan hama pada daun yang bisa menghambat tumbuhnya bakal buah. Untuk itu perlu disemprotkan cairan pembunuh hama.

Karena sifatnya yang bisa tahan hingga berbulan-bulan jika didinginkan maka setiap panen dua bulan sekali dengan luah lahan 100 meter persegi Jaja bisa memenuhi kebetuhan supermarket lokal di Palembang.

Kalau sudah berhasil biasanya nih, untuk satu kilogram Butternut Squash dihargai Rp 25 kilogram dan bisa dijual secara online juga. Jaja dan teman-temannya menjual secara online juga.

Butternut Squash mengandung Vitamin A dan Beta Karoten. Dan sangat tepat dijadikan makanan pendamping ASI, makanan untuk balita dengan cara labu direbus kemudain dihaluskan.

Selain itu Butternut Squash juga sangat cocok untuk kamu yang lagi ngejalani program diet, mencegah kolesterol juga, mencegah penuaan dini dan kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Butternut Squash ini juga bisa dibuat atau dimasak dengan berbagai menu. Misalnya dibuat kolak, campuran bolu, di jus, dan bahkan dengan hanya direbus dimakan saat hangat ditemani teh hangat rasanya juga enak loh.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help