TribunSumsel/
Home »

Video

Labu Jenis Baru Ini Bisa Jadi Menu Diet Kamu Loh

Dan sangat tepat dijadikan makanan pendamping ASI, makanan untuk balita dengan cara labu direbus kemudain dihaluskan.

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pernah mendengar Butternut Squash? Kalau belum, buah ini lebih dikenal dengan labu madu namun berbeda varietas dari labu madu loh.

Empat sekawan dari balai penelitian Sumbawa, Banyuasin, Sumatera Selatan, yakni Aprizal Alamsyah, Charlos, Iman dan Arif Fina ini membudiayak labu yang diberi nama Butternut Squash dari dua tahun lalu di lahan seluas 100 meter persegi.

Nah balik lagi ke apa itu Butternut Squash? menurut Aprizal saat dibincangi Tribunsumsel.com, labu ini merupakan labu dengan varietas baru, yakni dari varietas hafana dan tiana.

Ia dan teman-temannya telah lama meneliti bagaimana caranya labu ini bisa di tanam di lahan yang ada di Sumatera Selatan.

Setelah menemukan varietas ini akhirnya ia dan ketiga temannya sepakat menanam di lahan seluas 100 meter persegi di Jalan Pangeran Ayin, Kenten Laut, Banyuasin, Sumsel.

Tujuan mereka menanam labu yang hanya berukuran 1/2 kilogram hingga mencapai 1 1/2 kilogram ini untuk memperkenalkan bahwa ada labu jenis baru yang menyehatkan dan rasanya pun lebih manis jika dibandingkan dengan labu madu loh.

Bahkan bibitnya diekspor langsung dari Amerika Serikat.

Kenapa lebih menyehatkan? Aprizal atau yang biasa disapa dengan Jaja ini, Butternut Squash mengandung Vitamin A dan Beta Karoten.

Dan sangat tepat dijadikan makanan pendamping ASI, makanan untuk balita dengan cara labu direbus kemudain dihaluskan.

Selain itu Butternut Squash juga sangat cocok untuk kamu yang lagi ngejalani program diet, mencegah kolesterol juga, mencegah penuaan dini dan kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Butternut Squash ini juga bisa dibuat atau dimasak dengan berbagai menu.

Misalnya dibuat kolak, campuran bolu, di jus, dan bahkan dengan hanya direbus dimakan saat hangat ditemani teh hangat rasanya juga enak loh.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help