TribunSumsel/

Mau Dampingi Ridwan Kamil Maju Pilgub Jawa Barat, Ini Syaratnya

Seperti yang ia lakukan pada Pilkada Bandung 2013 lalu ketika ia dipasangkan oleh PKS dan Partai Gerindra bersama Oded M Danial.

Mau Dampingi Ridwan Kamil Maju Pilgub Jawa Barat, Ini Syaratnya
KOMPAS. com/DENDI RAMDHANI
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memberi sambutan dalam acara deklarasi dukungan Partai Nasdem Ridwan Kamil for Jabar 1 di Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (19/3/2017) 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANDUNG - Perlahan tapi pasti, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kian mantap untuk maju ke Pilkada Jabar 2018 mendatang.

Dia pun mulai mencari sosok pendamping yang dinilai cocok dan bisa mendongkrak suara.

"Kriterianya yang penting punya kepemimpinan dan punya elektabilitas juga, minimal jangan nol banget elektabilitasnya, tapi punya nilai kepemimpinan juga," kata Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (20/3/2017).

Kendati demikian, ia tetap menyerahkan pilihannya terhadap mekanisme partai pendukung.

Seperti yang ia lakukan pada Pilkada Bandung 2013 lalu ketika ia dipasangkan oleh PKS dan Partai Gerindra bersama Oded M Danial.

"Tiap partai kan beda-beda, ada partai yang mintanya dari partai mereka, ada partai yang minta harus masuk anggota. Di 2013 kan sama, contoh 2013 saya maju dengan PKS, kan PKS yang minta wakilnya Pak Oded, jadi polanya beda-beda," ucapnya.

Pada dasarnya, kata Emil, hadirnya nama calon pendampingnya di Pilkada Jabar 2018 akan muncul seiring dengan nyatanya dukungan dari parpol lain setelah Partai Nasdem.

Sebab itu, ia pun masih fokus melanjutkan sisa jabatannya di Kota Bandung sambil menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol.

"Kalau di H-1 pendaftaran ternyata dukungannya tidak genap ya sudah berarti ambil keputusan yang paling realistis dalam politik. Bola timing menyerahkan dukungan gak bisa ngatur, ya nunggu saja. Posisi hari ini mah kembali bekerja sambil berkomunikasi semaksimal mungkin sambil menunggu datangnya dukungan," jelasnya.

Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani/Kompas.com

Editor: Hartati
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help