Menangis Saat Nonton Film Menyehatkan Mental

Menangis saat menonton film atau serial televisi masih dianggap sesuatu yang menggelikan bagi sebagian orang.

Menangis Saat Nonton Film Menyehatkan Mental
Today.com
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM-Menangis saat menonton film atau serial televisi masih dianggap sesuatu yang menggelikan bagi sebagian orang.

Perasaan takut “diejek” pun sering membuat Anda enggan untuk terlihat sedih dan mencoba menahan tangis.

Namun, bila Anda tak peduli dengan penilaian orang lain dan tetap menangis, para peneliti dari University of Oklahoma ternyata mendukung keputusan tersebut!

Rasa emosional yang dikeluarkan saat menonton sebenarnya sehat, ungkap peneliti. Itu dapat membuat Anda melepaskan “beban” terpendam, yang juga membantu Anda mengurangi kadar stres yang tertahan dalam diri.

Memiliki karakter yang dikagumi dalam film atau serial juga dapat menurunkan risiko seseorang mengalami rasa kesepian, menurut para ahli psikologi.

Dan merasa terhubung dengan karakter di film atau serial tersebut juga dapat meningkatkan kecerdasan emosional.

"Hal yang menarik adalah bahwa otak kita tidak benar-benar dibangun untuk membedakan antara hubungan nyata atau fiksi," kata Jennifer Barnes, PhD, asisten profesor psikologi di University of Oklahoma, mengatakan kepada TIME.

"Jadi, rasa “persahabatan” terhadap karakter dalam dunia film yang Anda miliki dapat memberikan manfaat juga dalam dunia nyata."

Memiliki karakter favorit dalam film atau serial juga membantu Anda melatih kepekaan emosi terhadap orang lain.

Dalam sebuah penelitian, peneliti melibatkan dua kelompok peserta, di mana satu kelompok memiliki serial favorit dan satu lagi tidak.

Kelompok yang menyaksikan serial dinilai lebih mampu mengenali emosi orang lain ketimbang kelompok yang tidak suka menyaksikan film atau serial.

Jadi tak perlu ragu untuk menangis saat ada adegan film yang memang menyent Anda.

Editor: Muhamad Edward
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help