TribunSumsel/

VIDEO: Lagi Booming Koleksi Gundam Barbatos

Dia juga mengatakan, saat ini Gundam Barbatos masih menjadi fenomenal dan yang paling dikenal jika dibandingkan dengan seri Gundam lainnya.

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gundam atau yang dibaca dalam bahasa Jepang, yakni Gandam saat ini menjadi sebuah fenomenal di kalangan remaja millenial.

Mulai dari merakit, menempel gundam dengan beberapa sticker yang didapat dari kotaknya membuat beberapa penggemarnya atau kolektornya yang rata-rata anak muda ini menjadi gandrung dengan mainan robot-robotan asal Jepang ini.

Nah, apa sih Gundam itu? Gundam adalah Anime dengan genre Mecha atau robot yang menampilkan robot raksasa yang disebut Mobile Suit.

Atau yang lebih dikenal dengan sebutan First Gundam adalah serial anime TV Series yang dibuat oleh Hajime Yatake dan Yoshiyuki Tomino  dan diproduksi oleh Sunrise Inc. yang pertama kali dirilis di Jepang pada tanggal 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980.

Bahkan di Palembang sudah ada komunitas Gundam loh dan ada tokonya juga, Gundam Club Region Palembang (GCRP) di Jalan Sukabangun 2 Palembang (seberang STHPADA) yang telah berdiri dan dibentuk pada 2009 melalui media forum kaskus. 

Ketua GCRP, Wisnu Dwi Nugroho  mengatakan untuk member aktif sekarang sudah ada 40 lebih yang sering kumpul.

Dia juga mengatakan, saat ini Gundam Barbatos masih menjadi fenomenal dan yang paling dikenal jika dibandingkan dengan seri Gundam lainnya.

Merakit Gundam pun tak hanya digemari dan populer dikalangan remaja laki-laki namun remaja perempuan juga suka merakit robot-robotan ini.

Di Gundam juga ada tingkatan loh, pertama SD (super deform) Gundam berbentuk chibi dengan kepala yang lebih besar daripada badan dengan harga berkisar Rp 75 ribu - Rp 200 ribu tingginya berkisar 8-10 centimeter. Lalu HG (highgrade) berskala 1/144 dengan harga Rp 130 ribu - Rp 400 ribu dengan tinggi 11-13 centimeter. 

MG (master grade) berskala 1/100 dengan harga Rp 400 ribu - Rp 1 juta setinggi 17-22 centimeter. PG (perfect grade) berskala 1/60 dengan detail lebih baik dari pada seluruh grade dengan harga berkisar Rp 1,5 juta - Rp 3,5 juta setinggi 35-40 centimeter. Lalu RG skala 1/144 bedanya dengan HG adalah RG memiliki detail yang lebih baik dibanding HG dan MG, RG berukuran sama dengan HG dengan harga Rp 300 ribu - Rp 450 ribu.

Untuk harga termurah biasanya cuma sekedar optinal part gundam sendiri, misal seperti pistol, pedang, senjata dan lainnya. Berkisar Rp 20 ribu ke atas. Kalau yang termahal saat ini biasanya dari seri limited dan seri PBandai (premium bandai) lalu dari seri Gundam Club Coating, dan hadiah hadiah pemenang kejuaraan internasional yang hanya diproduksi satu buah dan diproduksi sekali saja dari tiap juara 1, 2 dan 3

Wisnu juga menambahkan, komunitas mereka ini mempunyai beberapa kegiatan, untuk kegiatan, seminggu sekali mereka sering kumpul di basecamp 71a-Planetarium Hobby Shop atau terkadang di McD di depan PTC Mall

Biasanya kumpul setiap Minggu, dengan melaksanakan berbagai game berhadiah Gunpla maupun accessories. Lalu gathering bulanan, dan nongkrong di cafe cafe, dengan membawa koleksi pribadi masing-masing.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Yohanes Iswahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help