Home »

Bisnis

» News

Produksi Buku untuk Anak, Wanita Ini Raih Omzet Hingga Rp 1 Miliar

Bayangkan jika anda masih muda, tetapi memiliki telah memiliki usaha yang beromzet hingga Rp 1 miliar.

Produksi Buku untuk Anak, Wanita Ini Raih Omzet Hingga Rp 1 Miliar
KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI
Devi Raissa Rahmawati, Pencetus usaha Buku Balita Rabbit Hole 

TRIBUNSUMSEL.COM-Bayangkan jika anda masih muda, tetapi memiliki telah memiliki usaha yang beromzet hingga Rp 1 miliar.

Namun ini bukanlah angan-angan. Seperti yang dilakukan oleh Devi Raissa Rahmawati. Wanita asal Jakarta ini membuat usaha buku khusus anak-anak yang dinamakannya Rabbit Hole.

Atas kegigihan dan inovasinya, Devi menyabet penghargaan di ajang Wirausaha Muda Mandiri 2016 yang digelar akhir pekan lalu.

Usaha ini dimulai dari riset yang dilakukan Devi mengenai komunikasi antara orang tua dengan anak-anak khususnya balita.

Dalam riset itu, Devi menemukan banyak keluhan dari para orang tua, karena sulitnya berkomunikasi dengan anak balita.

Melihat keluhan itu, Wanita berusia 29 tahun ini mempunyai solusi bahwa dengan buku dapat meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan balita. Akan tetapi, dirinya kembali menemukan keluhan dari para orang tua. Para orang tua mengeluh buku bacaan di Indonesia kurang variasi dan walaupun ada itu dengan harga yang lumayan tinggi.

"Setelah itu saya mikir. Saya yang latar belakang psikologi anak dan suka nulis, sehingga ingin membuat buku dan harga terjangkau. Dan tercetuslah buku rabbit hole," ujar Devi di Jakarta, Sabtu (11/3/2017).

Wanita berkurudung ini memulai usahanya dengan bermodalkan Rp 10 juta. modal tersebut didapat dari uang sakunya. Dengan modal tersebut, Devi dapat mencetak 1.000 buku dengan berbagai tema yang dijual kepada teman dekat.

Buku ini dibuatnya dari bahan yang berkualitas premium, namun dengan harga yang terjangkau. Devi membuat semenarik mungkin agar balita tertarik untuk membaca, seperti disertai pop-up, flap, dan touch and feel.

Dalam menerbitkan bukunya Devi tidak bekerja sama penerbit. Untuk memproteksi usahanya, Devi mendirikan perusahaan yang dinamakannya PT Lubang Kelinci Indonesia.

Halaman
12
Editor: Muhamad Edward
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help