Home »

Techno

» Apps

CAREER DEVELOPMENT BERSAMA AGR TRIBUN

Cegah Pelanggan Lari dengan Medsos

Intinya ketiga pendekatan CRM bisa di akomodir oleh MEDSOS saat ini. Murah, mudah, cepat, jangkauan luas dan punya pengguna yang sangat besar.

Cegah Pelanggan Lari dengan Medsos
ISTIMEWA
Asia Global Regis

CUSTOMER Relationship Management (CRM) atau Manajemen Hubungan Pelanggan mulai muncul dan populer di 90 an akhir. Konsentrasi pebisnis kala itu mendapatkan pelanggan baru, belum bagaimana mengelola hubungan pelanggan yang dapat membentuk loyalitas.

Saat ini para pebisnis sudah mulai sadar bahwa mengelola pelanggan lama dan membuat mereka menjadi loyal ternyata sangat penting, tapi hal tersebut memerlukan sistem yang memuat data-data pelanggan agar dapat dikelola, sehingga pebisnis bisa berinteraksi dengan pelanggannya.

Oleh sebab itu hingga saat ini banyak pebisnis kecil dan menengah “terpaksa” tidak bisa memberikan perhatian lebih kepada pelanggan lamanya karena ketiadaan sistem yang menyebabkan mereka kesulitan berinteraksi dengan mereka.

Dalam CRM ada 3 jenis pendekatan. Pertama adalah Pendekatan Finansial yaitu dengan menawarkan discount, reward dsb sehingga pelanggan lama merasa diberikan keuntungan lebih.

Pendekatan kedua, yaitu Pendekatan Sosial diperlukan, dalam hal ini pebisnis menawarkan konsep komunitas atau keanggotaan (membership) sehingga pelanggan lama dapat di deteksi dan maksimal dalam menawarkan program loyalitas kepada mereka.

Pebisnis yang sudah “established” dan besar sudah mulai membentuk pendekatan ketiga yaitu Pendekatan Struktur, pelanggan akan sangat tergantung dengan infrastruktur yang dibangun oleh pebisnis sehingga mereka dan produk/jasa yang dibeli susah untuk dipisahkan.

Pendekatan ini paling advance, karena perlu infrastruktur layanan yang kuat dan brand image yang baik.

Tetapi sadarkah anda? Bahwa perkembangan teknologi informasi yang cepat, menciptakan sistem “open source” yang telah dibangun perusahaan Informasi Teknologi yang bisa kita pakai dengan “murah”.

Yup MEDSOS! Pertama, MEDSOS punya sistem yang baik dalam menyimpan data pelanggan (pertemanan), sehingga pebisnis bisa mengidentifikasi dan memilah pelanggannya.

Sebut saja FACEBOOK, di dalamnya memuat data yang sangat lengkap, data diri, keluarga, hobi dll, tinggal diedukasi.

Intinya ketiga pendekatan CRM bisa di akomodir oleh MEDSOS saat ini. Murah, mudah, cepat, jangkauan luas dan punya pengguna yang sangat besar.

Kenapa tidak mulai konsen menggarap MEDSOS sebagai “sistem” dalam mencegah pelanggan anda lari ke pesaing anda? 

Fitriansyah
Head of Asia Global Regis
Training, consulting & System Application

Editor: Yohanes Iswahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help