TribunSumsel/
Home »

Techno

» News

Facebook Kembangkan Aplikasi VR untuk Samsung

Facebook semakin serius menciptakan ekosistem realitas virtual alias virtual reality (VR).

Facebook Kembangkan Aplikasi VR untuk Samsung
Reuters
Facebook sudah mengumumkan siaran langsungnya akan diperlakukan sama dengan konten-konten lainnya. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Facebook semakin serius menciptakan ekosistem realitas virtual alias virtual reality (VR).

Setelah mengakuisisi Oculus dan bekerja sama dengan Samsung dalam pengembangan Gear VR, kini Facebook pun menciptakan aplikasi khusus konten VR.

Dinamai "Facebook 360", aplikasi itu masih eksklusif untuk pengguna Samsung Gear VR, sebagaimana dihimpun, Jumat (10/3/2017) dari newsroom fb.

Tujuan dari aplikasi itu untuk mempermudah pengguna Gear VR dalam mengeksplor foto-foto dan video 360 derajat. Antarmuka aplikasi pun lebih ramah dalam format VR sehingga penjajalannya semakin mumpuni.

Tak kurang dari 25 juta konten foto dan 1 juta konten video berformat 360 derajat yang tersemat pada Facebook 360. Intinya, aplikasi itu adalah one-stop untuk menemukan berbagai konten VR.

Sebagai awal peluncurannya, Facebook 360 punya empat fitur utama. Pertama ada Explore untuk mencari konten 360 yang populer dari organisasi media, lembaga tertentu, atau kreator individual.

Lantas ada Following, di mana pengguna bisa melihat konten 360 yang diunggah teman di Facebook maupun Pages yang diikuti. Ada pula Saved yang berguna ketika pengguna hendak menyimpan konten tertentu yang disukai.

Terakhir ada Timeline, di mana pengguna bisa mengunggah konten 360 ciptaan sendiri. Ini bisa menjadi wadah penyimpanan memori untuk foto atau video VR.

Facebook 360 bisa diunduh dengan mencarinya di aplikasi Oculus pada Gear VR atau mengunjungi situs Oculus di sini.

(Fatimah Kartini Bohang/kompas.com)

Editor: Muhamad Edward
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help