PGRC Gandeng PT JGC Indonesia Bangun Kilang Minyak 300,000 bpd di KEK Tanjung Api-Api

PGRC juga telah menjalin kerjasama dengan PT Rekayasa Industri (Rekind) yang merupakan kontraktor domestik (BUMN) yang telah memiliki pengalaman dan

PGRC Gandeng PT JGC Indonesia Bangun Kilang Minyak 300,000 bpd di KEK Tanjung Api-Api
IST
PGRC Resmi Gandeng PT JGC Indonesia Untuk Membangun Kilang Minyak 300,000 bpd di KEK Tanjung Api-Api, Sumsel 

TRIBUNSUMSEL.COM-Perusahaan minyak swasta asing (PMA), PT Palembang GMA Refinery Consortium (PGRC) menandatangani perjanjian kerjasama pembangunan kilang minyak skala besar, 300,000 bpd yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan, dengan perusahaan EPCkontraktor nasional PMA asal Jepang, PT JGC Indonesia. Ini merupakan tahap awal pembangunan kilang yang akan dimulai pada tahun 2018.

 Dewan DireksiPGRC, mengatakan kemitraan dengan PT JGC Indonesia dianggap sebagai langkah tepat karena perusahaan Jepang inimerupakan bagian dari JGC Corporation yang sudah berpengalaman dalam membangun kilang di berbagai negara di dunia. Sebagai produsen minyak swasta terbesar, PGRC juga yakin PTJGC Indonesia memiliki kemampuan yang telah terbukti dalam penyediaan jasa EPCserta berperan sebagai pimpinan ksonsorsiumEPC.

 PGRC juga telah menjalin kerjasama dengan PT Rekayasa Industri (Rekind) yang merupakan kontraktor domestik (BUMN) yang telah memiliki pengalaman dan reputasi yang sangat baik untuk mendukung pembangunan kilang tersebut.

 Kerjasama ini merupakan langkah baik bagi perusahaan mengingat PGRC merupakan perusahaan pengolah minyak swasta skala besar pertamadi Indonesia dengan nilai investasi sebesar 8,4 milyar Euro yang telah mendapatkan izin usaha pengolahan minyak bumi dari BKPM atas rekomendasi MIGAS, Kementerian ESDM. Sumber minyak mentah tersebut antara lain akan dipasok oleh NIOC Iran atas rekomendasi penuh dari Kementerian Perminyakan Iran.

Selain itu, PGRC juga telah mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, agar dapat segera memulai pembangunan kilang minyak dengan kapasitas 300,000 bpd dan pembangunan tangki minyak mentah sebagai cadangan strategis internasional dengan kapasitas sebesar 30 juta barrel di KEK Tanjung Api-Api, yang disampaikan pada saat audiensi di Griya Agung (21/2).

 Selanjutnya, PGRC juga akan menjadwalkan pertemuan dengan Gubernur Sumsel bersama dengan semua mitra strategis perusahaan, termasuk PT JGC Indonesia dan Rekind, untuk memulai pembangunan mega proyek tersebut.

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help