Sambal Tempoyak Berbagai Varian Ini Bikin Ngiler

Setelah proses memasak sambal Tempoyak jadi, sambal Tempoyak juga bisa ditambahkan dengan ikan Teri goreng atau dengan potongan Petai.

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tempoyak atau olahan Durian yang difermentasi selama tiga hari ini bisa diolah lagi menjadi sambal yang bisa dijadikan lahan bisnis.

Septria Amirwan atau yang biasa disapa Ririn ini mengaku bisnis menjual sambal Tempoyak yang ia beri nama Sambal Tempoyak Kajut sudah dikirm hingga keluar kota.

Siapa sangka baru dua minggu menjalankan bisnis sambal Tempoyak yang ia dan ibunya olah dengan berbagai macam varian sangat diminati.

Varia sambal Tempoyak yang ia jual ini ada sambal Tempoyak original, sambal Tempoyak yang dicampur dengan ikan Teri goreng dan sambal Tempoyak yang dicampur dengan potongan Petai.

Tak seperti bau Durian yang menyengat namun bau dari sambal Tempoyak buatan Ririn ini lebih harum dan sedap apalagi sambal Tempoyak buatannya bisa menjadi bahan utama membuat pepes atau brengkes ikan Patin, rasanya jauh lebih nikmat lagi loh.

Cara membuatnya pun juga sangat mudah,

Bahan-bahan:

1 1/5 sdm Garam (sesuai selera)
250 gram Gula
1 cm Jahe
1 cm Lengkuas
1 buah Kunyit
1/2 kg Cabai merah
250 gram Minyak goreng
1 kg tempoyak (untuk 12 botol kecil sambal/sesuai selera)
4 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih
2 batang Serai.

Cara membuatnya: Kesemua bahan dihaluskan dengan blender atau bisa juga diulek, setelah semua bahan dihaluskan terlebih dahulu panaskan minyak goreng, setelah panas masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tumis hingga harum.

Setelah proses memasak sambal Tempoyak jadi, sambal Tempoyak juga bisa ditambahkan dengan ikan Teri goreng atau dengan potongan Petai.

Bagi yang berminat dengan sambal Tempoyak yang dibuat oleh Ririn ini, ia menjual melalui Instagram: Dapoer Kajut, WA: 0899 4354 000, dan Line: dapoer kajut.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved