Pembanguna Desa Adanya Partisipasi Masyarakat

Desa Toman Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terus melakukan pembangunan masyarakat

Pembanguna Desa Adanya Partisipasi Masyarakat
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Bupati OKI H Iskandar SE ketika menyapa warga Mangun Jaya Kayuagung, ketika menyaksikan pengecatan rumah lama di pinggiran Sungai Komering. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG-Desa Toman Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terus melakukan pembangunan masyarakat dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang warga hadapi, namun dari itu pembangunan masyarakat merupakan usaha untuk membentuk kemandirian mereka, sehingga dapat menghadapi permasalahannya sendiri.

Menurut Kepala Desa (Kades) Toman Humsi, Sabtu (14/1/2017) bahwa implisit didalamnya, manusia merupakan unsur pokok didalam proses pembangunan. Dengan demikian, selain bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat, maka secara ideal pembangunan masyarakat juga mempersyaratkan adanya partisipasi, kreatifitas dan inisiatif dari masyarakat.

Maka itu, pembangunan akan berhasil guna ketika mampu menggerakan partisipasi masyarakat di dalamnya. Oleh karena itu, salah satu indicator keberhasilan pembangunan masyarakat juga harus diukur dengan ada atau tidaknya partisipasi masyarakat di dalamnya. “Yang jelas peningkatan kapasitas masyarakat menjai titik sentral dalam pembangunan masyarakat,” kata Humsi seraya menyebutkan untuk pembangunan di desa sekarang ini, baru dibangunkan sumur bor siap pakai guna kepentingan masyarakat akan air bersih.

Selain itu, dibangun juga got siring guna kelancaran saluran air pembuangan. Siring ini, juga bisa sebagai penahan tanah badan jalan, agar tidak cepat rusak dibawa arus air hujan.

Bupati OKI H Iskandar SE melalui Camat Tulung Selapan H Z Aripanani SPd mengatakan, pembangunan yang ada di wilayah Kecamatan Tulung Selapan terus berlanjut demi kepentingan masyarakat desa. Pelaksanaan pembangun di desa atas keinginan masyarakat setelah perangkat desa dan warga mengadakan rapat sebelum pelaksanaan.

Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help