Tank Amfibi Mendadak Jadi Mimbar Upacara Marinir di Selat Madura

Marinir juga menggelar berbagai kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat pada peringatan HUT ke-71 tersebut, seperti bakti sosial dan bersih-bersih

Tank Amfibi Mendadak Jadi Mimbar Upacara Marinir di Selat Madura
KOMPAS.com/Achmad Faizal
Upacara di dalam air dilakukan oleh pasukan Marinir di kaki Jembatan Suramadu, Selasa (15/11/2016). 

TRIBUNSUMSEL.COM, SURABAYA - Ratusan personel Pasukan Marinir I (Pasmar 1) menggelar upacara hari jadi Korps Marinir ke-71 di kaki jembatan Tol Surabaya-Madura (Suramadu), Selasa (15/11/2016). 

Upacara itu disebut Upacara Air karena pasukan upacara berbasah-basah dengan masuk ke perairan pantai Tambak Wedi di kaki jembatan Tol Suramadu.

Upacara juga diikuti nelayan dan pelajar, namun mereka berada di atas perahu karet.

Sebuah tank amfibi dimanfaatkan sebagai mimbar upacara.

Komandan Pasmar 1 Brigjen (Mar) Lukman bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut, sedangkan Komandan Yonif Arhanud I Marinir Letkol (Mar) Herviyanto bertugas selaku komandan upacara.

Menurut Lukman, upacara ini digelar serentak oleh seluruh pasukan marinir dari Sabang hingga Merauke. Di Jakarta, upacara serupa digelar di Tanjung Pasir, sementara di Lampung digelar di Pantai Ciremai.

"Kenapa upacara di pantai? Karena marinir merupakan prajurit laut. Prajurit yang didesain memiliki kemampuan dari laut ke darat," tuturnya.

Marinir juga menggelar berbagai kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat pada peringatan HUT ke-71 tersebut, seperti bakti sosial dan bersih-bersih pantai bersama masyarakat.

 
Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Editor: Hartati
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help