TribunSumsel/

Temuan Benda Purbakala di Muara Betung Jejak Masa Lampau di Empatlawang

Susanto menceritakan temuan seperti ini secara tidak sengaja oleh warga yang menggali tanah saat mendirikan bangunan rumah.

Temuan Benda Purbakala di Muara Betung Jejak Masa Lampau di Empatlawang - desa-muarabetung-kecamatan-ulumusi_20161024_215424.jpg
SRIPOKU.COM/ANDI WIJAYA
Susanto menunjukan benda berupa kendi diduga peninggalan zaman purba di Desa Muarabetung Kecamatan Ulumusi Kabupaten Empatlawang.
Temuan Benda Purbakala di Muara Betung Jejak Masa Lampau di Empatlawang - eninggalan-purba-kala_20161024_215534.jpg
SRIPOKU.COM/ANDI WIJAYA
Potongan bibir guci di tanah diduga juga peninggalan purba kala.
Temuan Benda Purbakala di Muara Betung Jejak Masa Lampau di Empatlawang - desa-muarabetung_20161024_215701.jpg
SRIPOKU.COM/ANDI WIJAYA
Batu meja di perkampungan warga Dusun dua Desa Muarabetung Kecamatan Ulumusi Kabupaten Empatlawang.

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Andi Wijaya.

TRIBUNTRAVEL.COM - Potongan bibir guci dari tanah liat masih tertanam didalam tanah, dan benda mirip sebuah kendi serta sebuah batu datar seperti meja berada di tengah perkampugan warga dusun dua Desa Muarabetung Kecamatan Ulumusi Kabuaten Empatlawang.

Benda-benda ini sedikit bukti peninggalan zaman dahulu jika sebelumnya di lokasi ini pernah menjadi peradaban manusia jaman purbakala di Kabupaten Empatlawang.

Benda berupa seperti kendi berukuran sebesar periuk kecil ini ditemukan warga saat menggali tanah di sekitar rumah belum lama ini di Dusun Dua Desa Muarabetung.

Namun sayangnya karena kurangnya mengerti penemu kendi yang didapat warga justru di cat warna hijau dengan harapan sang pemikilnya agar kendi terlihat lebih menarik.

Benda kendi diduga peninggalan purba yang ditemukan warga nampak terbuat dari tanah liat dikelilingi permukaan kendi terdapat arsiran arsiran kecil, sementara dibawah kendi terdapat lobang kecil seperti sudah pecah.

Tidak begitu sulit melihat kendi dan pecahan guci diduga peninggalan purba kala namun warga seringkali enggan memberikan temuan ini karena takut benda temuan mereka akan diambil.

Benda berupa kendi ini ditemukan warga di Desa Muarabetung Kacamatan Ulumusi Empatlawang.

"Temuan benda mirip kendi ini adalah salah satu temuan disini oleh warga, namun karena kurang mengerti temuan kendi ini di cat oleh penemunya," ungkap Susanto(34) warga setempat saat dibincangi Sripoku.com, di lokasi.

Susanto menceritakan temuan seperti ini secara tidak sengaja oleh warga yang menggali tanah saat mendirikan bangunan rumah.

Halaman
12
Editor: Yohanes Iswahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help