TribunSumsel/

Pola Asuh Ini Bikin Anak Berhasil dan Punya Penghasilan Besar

Anak yang diasuh oleh tipe orangtua tersebut tumbuh bahagia, berpenghasilan besar, dan menujukkan nilai cemerlang secara akademis.

Pola Asuh Ini Bikin Anak Berhasil dan Punya Penghasilan Besar
Virl4real
Reaksi anak-anak saat melihat dompet seseorang jatuh 

TRIBUNSUMSEL.COM - Peneliti dari Kobe University di Jepang menemukan, anak yang mendapatkan dukungan dan bimbingan dari orangtua sedari usia dini tumbuh menjadi seseorang yang sukses serta berpenghasilan besar.

Selain itu, bimbingan dan pola asuh suportif dari orangtua menumbuhkan kesadaran anak untuk rajin belajar demi memperoleh nilai akademis membanggakan.

Hasil studi berasal dari penelitian terhadap 5.000 pria dan wanita dewasa.

Semua responden diminta untuk menceritakan hubungan dengan orangtua semenjak usia dini hingga dewasa.

Lalu, semua responden diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan, seperti apakah orangtua memercayai Anda? Apakah orangtua Anda hadir dalam momen penting hidup Anda?

Peneliti mengumpulkan jawaban dan menyimpulkannya dengan membuat enam tipe orangtua, yakni orangtua suportif, orangtua disiplin, orangtua yang memanjakan anak, orangtua yang santai, orangtua kasar, dan orangtua rata-rata.

Hasilnya, peneliti mengungkapkan bahwa orangtua yang suportif memberikan kepercayaan yang besar kepada anak dan menghabiskan banyak waktu dengan anak mereka.

Anak yang diasuh oleh tipe orangtua tersebut tumbuh bahagia, berpenghasilan besar, dan menujukkan nilai cemerlang secara akademis.

Orangtua disiplin adalah mereka yang tidak memberikan banyak kebebasan kepada anak, tidak percaya kepada anak, dan menerapkan banyak aturan hidup.

Anak dari tipe orangtua disiplin tumbuh kaya raya dibanding teman sebayanya dan berprestasi di sekolah. Namun, mereka tidak terlalu bahagia dan memiliki tingkat stres yang tinggi.

Orangtua yang memanjakan anak tidak menerapkan aturan dan lumayan sering menghabiskan waktu dengan anak-anak.

Orangtua yang terlalu santai menunjukkan bahwa mereka tidak terlalu tertarik pada perkembangan dan kebutuhan anak. Sementara itu, orangtua yang kasar sama sekali tidak percaya kepada anak dan tidak memberikan ruang memilih kepada anak mereka.

Hasil keseluruhan penelitian memperlihatkan bahwa pola asuh suportif adalah tipe yang paling tepat dan memberikan hasil terbaik untuk perkembangan anak pada masa depan. (Kontributor Female, Usihana/kompas.com)

Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help