Terintegrasi Dengan Komplek Megalit

Berkunjung kesini sayang rasanya jika tidak membawa kamera untuk mengabadikan momen indahnya ciptaan Tuhan yang satu ini.

Terintegrasi Dengan Komplek Megalit
SRIPOKU.COM/EHDI YASIN
Sejumlah pengunjung menikmati sensasi mandi di air terjun (cuhup) Panjang yang terletak di Desa Pulau Pinang, Kecamatan Pulau Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumsel. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Luar biasa salah satu kata yang terucap saat tiba di air terjun atau yang lebih akrab disebut masyarakat Kabupaten Lahat Cuhup Panjang. Betapa tidak, air terjun yang satu ini begitu menakjubkan baik dari sisi keindahan sekelingnya maupun pesona air terjunya.

Berkunjung kesini sayang rasanya jika tidak membawa kamera untuk mengabadikan momen indahnya ciptaan Tuhan yang satu ini.

Tak hanya, itu pengunjung juga akan merasakan asyiknya mandi di lokasi air terjun yang berbentuk kolam ini, airnya bersih dan dingin.

Tak jauh dari lokasi terdapat komplek Meglit yang Terletak di Desa Tinggi Hari, kecamatan Gumay Ulu Lahat.

Menurut pemerhati wisata Kabupaten Lahat, Mario Andromatic mengungkapkan air terjun panjang sangat mengagumkan dan layak menjadi sala satu destinasi wisata di kabupaten berjuluk Bumi Seganti Setungguan.

Apalagi, terangnya keberadaanya trintegrasi dengan komplek megalit yang sudah berusia ribuan tahun.

Hanya saja, menurut Mario saat ini untuk sampai ke lokasi butuh perbaikan akses jalan yang terbilang masih cukup menantang dan kendaraan belum sampai kelokasi air terjun.

"Air terjun panjang salah satu air terjun yang luar biasa di kabupaten Lahat. Pengunjung begitu banyak datang perminggunya. Jika dikembangkan akan jadi destinasi wisata,"terangnya.

Tak hanya itu, disepanjang jalan pengunjung juga akan disuguhi dengan keindahan alam baik itu, perbukitan, hamparan sawah, kebun kopi dan juga aliran sungai Lematang.

Disepanjang jalan tepatnya di Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang pengunjung juga bisa mampir untuk membeli makanan khas lahat yakni lemang.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun jika pengunjung datang dari Kota Lahat, yang menjadi ibu kota kabupaten Lahat hanya menempuh jarak 20 KM menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Jika pengunjung atau wisatawan sudah sampai dikecamatan Pulau Pinang, pengunjung bisa meminta petunjuk kepada warga menuju ke lokasi.

Nah sebagai tambahan, selain egalit di kecamatan ini juga terdapat beberapa air terjun seperti air terjun Buluh, air terjun Maung dan beberapa diantaranya.

Bagi pengunjung disarankan terutama bagi pecinta air terjun jika datang ke kabupaten Lahat, sebaiknya bermalam dua atau tiga hari.

Pasalnya, terdapat ratusan air terjun dan Lahat juga memiliki banyak hotel dari kelas bintang hingga melati untuk lokasi bermalam. (Ehdi Yasin)

Editor: Yohanes Iswahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help