Vegetasi Lokal Siap Restorasi Gambut

"Tanaman yang cocok itu harus memenuhi syarat secara ekologis dan ekonomis dan Jelutung adalah contohnya. Tanaman ini sesuai untuk lahan basah dan

Vegetasi Lokal Siap Restorasi Gambut
TRIBUNSUMSEL.COM/ANDI AGUS TRIYONO
Para pembicara dalam diskusi terbatas foto bersama 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Andi Agus Triyono

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Vegetasi tanaman lokal Sumatera Selatan sangat cocok sebagai tanaman restorasi lahan gambut.

Sebab tanaman yang demikian mampu bertahan dan berkembang di genangan air.

Diantara vegetasi lokal yang cocok untuk restorasi gambut adalah Jelutung.

Sebagai tanaman lokal, tanaman ini cocok dan sesuai dengan alam lahan gambut yang banyak mengandung air.

Demikian yang diungkapkan Peneliti Madya Bidang Silvikultur dari Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang, Ir Bastoni pada tribunsumsel.com, Selasa (30/8/2016).

"Tanaman yang cocok itu harus memenuhi syarat secara ekologis dan ekonomis dan Jelutung adalah contohnya. Tanaman ini sesuai untuk lahan basah dan getahnya bernilai ekonomis, dalam 6 tahun sudah bisa menghasilkan getah," kata dia.

Selain Jelutung, tanaman lokal yang cocok untuk merestorasi lahan gambut adalah keranji, tembesu, pulai, merbau dan lain-lain.

Dan pihaknya sudah siap dengan vegetasi tanaman lokal. Mereka sudah berhasil membudidayakan sampai pada tingkat pembibitan.

Direktut Wetlands International Indonesia, Nyoman Suryadiputra juga menyampaikan untuk lahan gambut yang sudah terkanalisasi, harus dimanfaatkan dan direstorasi.

Halaman
12
Penulis: Andi Agus Triyono
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved