Kuliner Palembang

VIDEO : Ayam Kodok Sajian Baru Kuliner di Palembang

Ita Ismail berpikir bagaimana caranya bisa menemukan menu kuliner yang menarik perhatian ibu-ibu lainnya, Senin (8/8/2016).

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tingginya minat warga Kota Palembang terhadap kuliner unik dan kreatif membuat seorang ibu rumah tangga di Palembang.

Ita Ismail berpikir bagaimana caranya bisa menemukan menu kuliner yang menarik perhatian ibu-ibu lainnya, Senin (8/8/2016).

Dia pun memutuskan membuat kuliner Ayam Kodok yang menurutnya akan menarik perhatian, Ayam Kodok ini pun tak asing di Jakarta tetapi dia bawa ke Palembang untuk diperkenalkan kepada warga Kota Palembang.

Setelah belajar secara otodidak dengan melihat cara memasak Ayam Kodok di Youtube dan belajar juga dengan chef. Tak hanya menerima ordee dia juga membuka kelas kursus Ayam Kodok dan sebelumnya dia juga sudah mendirik Palembang Baking Class yang memang dikhususkan untuk kelas memasak.

Usahanya pun berbuah manis dengan omset mencapai puluhan juta rupiah. Tampilan menarik dan menggugah selera ini tak hanya untuk disantap namun juga bisa menjadi bagian hantaran pernikahan atau menu istimewa diberbagai acara keluarga.

Masakan yang berbahan dasar Ayam loh bukan Kodok ya, ayam yang telah disiapkan dipisahkan dari daging serta tulangnya tanpa merobek atau merusak kulitnya. Sehingga proses ini memerlukan kesabaran dan ketelitian.

Selanjutnya daging dipisahkan dari tulang-tulangnya kemudian dicincang. Lalu dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti daging sapi, roti tawar, kentang rebus, yang sudah dihaluskan dan lainnya.

Kulit ayam yang kosong atau tidak berisi lagi akan kembali menyerupai ayam yang utuh karena sudah diisi dengan isian yang sudah disiapkan sebelumnya.

Telur rebus bisa juga ditambahkan hingga ayam nampak lebih gendut. Jika proses ini sempurna maka posisi ayam nampak seperti kodok.

Agar gurih, sebelum dimasukkan ke oven, dioleskan dulu dengan bumbu tumis yang terdiri dari bawang, margarin, kecap dan dalad. Proses di dalan oven memakan waktu selama dua jam. Setelah selesai akan dihias sesuai selera.

Satu porsi Ayam Kodok ini dihargai Rp 250 ribu. Bila ingin memesan bagi warga Palembang bisa melihat langsung akun Instagram: @pempekcikpuan.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved