Mengerikan Dampak Kena Campak Bisa Mematikan, Segera Berikan Imunisasi pada Anak

Menurutnya vaksin di Bumi Serapat Serasan, itu didapatkan dari Dinkes Provinsi Sumsel, sehingga aman dari vaksin palsu.

Mengerikan Dampak Kena Campak Bisa Mematikan, Segera Berikan Imunisasi pada Anak
TRIBUNSUMSEL/ ARI WIBOWO
Kadinkes PALI, dr Eni Zatila MKM. 

Laporan Wartawan Tribun Sumsel, Ari Wibowo

TRIBUNSUMSEL.COM,PALI- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI menyampaikan kepada peserta Sosialisasi Crash Program campak tahun 2016 agar jangan takut melakukan vaksin terhadap anak umur 9 sampai 59 bulan.

Informasi disampaikan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI, dr Eni Zatila MKM, disela acara Sosialisasi Crash Program Campak tahun 2016.

Ia juga mengatakan kepada masyarakat jangan takut ada isu vaksin palsu.

Menurutnya vaksin di Bumi Serapat Serasan, itu didapatkan dari Dinkes Provinsi Sumsel, sehingga aman dari vaksin palsu.

"Program crash progam campak merupakan program nasional, semacam PIN (Pekan Imunisasi Nasional). Namun, ini PIN campak. Program ini, di Sumsel hanya dilakukakan lima kabupaten, termasuk di Kabupaten PALI, karena lima kabupaten itu, kasus campak memang tinggi," kata dia. Kamis(4/8).

Masih kata dr Eni, tujuan program tersebut untuk meningkatkan imunitas balita yang belum mendapatkan iminisasi campak sekaligus meningkatkan imunitas kelompok.

"Jadi dalam kelompok suatu desa itu, kita harapkan imunitas semakin tinggi sehingga tidak terjadi lagi, wabah-wabah atau kejadian jumlah yang banyak dalam campak ini. Mungkin di masyarakat campak suatu yang biasa, tetapi kalau dia tidak diimunisasi atau dalam artian daya tahan tubuh lemah, itu menyebabkan gejala-gejala yang berat atau komplikasi, radang paru yang berat, kerusakan pada mata bisa terjadi dari campak, bisa juga radang otak bisa menimbulkan kematian, itu yang kita takutkan," ujar dr Eni.

Ia juga berharap, agar peserta yang mengikuti sosialisasi, seluruh camat, PKK, Puskesmas, pemegang program, dan beberapa SKPD yang terkait. Menyampaikan kepada masyarakat dampak dari campak.

"Kami berharap agar peserta mengikuti sosialisasi ini, untuk menyampaikan kepada masyarakat penting imunisasi campak," jelas Eni‎.

Penulis: Ari Wibowo
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved