Bitcoin Menuai Pro Kontra

EKSKLUSIF: Bitcoin Janjikan Keuntungan Tanpa Batas, Banyak Orang Mulai Tergiur

Banyak orang mulai tergiur berinvestasi ke bitcoin karena keuntungan yang diperoleh bisa berkali-kali lipat. Di beberapa tempat, misalnya Bali, bitcoi

EKSKLUSIF: Bitcoin Janjikan Keuntungan Tanpa Batas, Banyak Orang Mulai Tergiur
freeformers.com

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pesan berantai ajakan menghadiri jadwal seminar investasi bitcoin (btc) menyebar cepat ke sejumlah grup whatsapp dan blackberry warga Palembang akhir Maret lalu. Bitcoin adalah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Banyak orang mulai tergiur berinvestasi ke bitcoin karena keuntungan yang diperoleh bisa berkali-kali lipat. Di beberapa tempat, misalnya Bali, bitcoin sudah digunakan sebagai alat pembayaran di cafe, restoran, hotel, dan biro perjalanan wisata.

Bagaimana di Palembang? Belum diperoleh jumlah pasti berapa banyak orang yang memanfaatkan bitcoin sebagai alternatif investasi. Ada beberapa komunitas dibentuk untuk memberikan kemudahan berinvestasi.

Penelusuran Tribun Sumsel di beberapa mall Palembang, belum menemukan bitcoin sebagai alat pembayaran seperti di cafe, restoran, hotel atau pertokoan lainnya.

Bank Indonesia menyatakan bitcoin bukan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati, segala risiko terkait kepemilikan dan penggunaan bitcoin ditanggung sendiri.

Tribun Sumsel menjumpai seorang member komunitas bitcoin yang menceritakan tentang antusiasnya pada mata uang digital ini. Pria yang sehari-hari bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini, bitcoin merupakan pilihan tepat untuk berinvestasi.

“Selama ada internet, bisnis ini akan terus ada. Mirip jual beli mata uang, tetapi ini mata uang digital. Bitcoin juga berbeda dengan bisnis-bisnis lainnya yang banyak tutup hanya karena sulitnya menambah member baru,” ungkap pria yang enggan namanya disebutkan ini.

Ia baru bergabung di investasi ini di penghujung tahun lalu. Tidak tanggung-tanggung, ia langsung membuka tiga akun di dua komunitas berbeda.

Di satu komunitas, member bisa mendapatkan bonus 1 persen setiap 15 hari. Tetapi bukan itu yang diincarnya. Berdasarkan hitung-hitungan pakar bitcoin yang didengarnya pada beberapa kali seminar, nilai bitcoin akan melonjak tinggi pada Juli 2016 dan 2018.

Komunitas bitcoin mengenalnya dengan sebutan block halving. Saat itu terjadi penurunan produksi bitcoin sebesar 50 persen dari biasanya. Misalnya pada 2009, produksi bitcoin setiap menit 50 btc, lalu pada 2012, turun jadi 15 btc per 10 menit, kemudian pada Juli 2016 akan turun lagi jadi 12,5 btc per 10 menit.

Halaman
12
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help