TribunSumsel/

ADVERTORIAL

VIDEO : GAPKI Gelar Pelatihan Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun

Sudah dua kali kita adakan ini, dan akan berlangsung terus, hingga seluruh perusahaan yang dalam berada dalam naungan GAPKI bisa ikut dalam pelatihan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Untuk mencegah kembali terjadi kebakaran di sejumlah lahan perkebunan milik perusahaan yang bergabung dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Palembang (GAPKI).

GAPKI mengadakan Pelatihan Pangendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun Perusahaan Anggota Gapki Sumatera Selatan (Sumsel) yang diselenggarakan gedung serbaguna di kantoran perkebunan PTPN VII distrik Sumsel, dari tanggal 24-26 Februari 2016.

Beragam kegiatan di lakukan dalam pelatihan yang materinya diisi oleh pembicara dari Korem GAPO, Polda, Dinas Perkebunan Provinsi (Disbunprov) Sumsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi (Sumsel), Dinas Kehutanan Provinsi (Dishutprov) Sumsel, dan Manggala Agni.

Tak hanya membahas masalah teori, namun peserta yang hadir diajarkan tentang praktek saat memadamkan api. Para peserta tampak sangat antusias mengikuti materi yang di berikan oleh para pembicara.

Menurut Sekertaris GAPKI Sumsel, Harry Hartanto mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilakukan sebagai pencegahan, agar tidak terjadi lagi kebakaran lahan dan kebun.

"Jadi yang dilatih ini, merupakan personil berikade pemadam kebakaran dari perusahaan yang sudah bergabung menjadi anggota GAPKI," ujarnya saat dibincangi Tribunsumsel.

Harry menambahkan, dengan pelatihan ini diharapkan nantinya para peserta bisa membantu dan menyalurkan ilmunya kepada perangkat desa yang berada disekitar kebun milik perusahaan agar dapat memadamkan api dan mencegah terjadinya kebakaran.

"Dengan ini kita juga ingin menuju Sumsel yang bebas asap, sehingga seluruh stakeholder dapat berpartisipasi untuk pembangunan di Sumsel, baik dari lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi, dan penghasilan devisa," katanya.

Dalam pelatihan ini, diikuti oleh 34 peserta yang dikirim dari 15 perusahaan yang telah bergabung dalam GAPKI. Tak hanya kali ini GAPKI mengadakan pelatihan ini. Pelatihan ini merupakan gelombang kedua, yang mana untuk gelombang pertama sudah dilakukan pada tanggal 10-12 Februari 2016 yang lalu.

"Sudah dua kali kita adakan ini, dan akan berlangsung terus, hingga seluruh perusahaan yang dalam berada dalam naungan GAPKI bisa ikut dalam pelatihan seperti ini," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help