Benarkah Hipnoterapi Bermanfaat untuk Kesehatan?

Hipnoterapi adalah jenis terapi komplementer yang menggunakan hipnosis atau metode mengubah kesadaran seseorang.

Benarkah Hipnoterapi Bermanfaat untuk Kesehatan?
Ilustrasi hipnosis.
Ilustrasi hipnosis. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Hipnoterapi adalah jenis terapi komplementer yang menggunakan hipnosis atau metode mengubah kesadaran seseorang.

Beberapa dekade terakhir ini, secara luas, hipnosis disebut-sebut sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi kesehatan jangka panjang, atau untuk menghentikan suatu kebiasaan yang dianggap buruk.

Meski beberapa ahli kesehatan masih memandang terapi ini dengan sebelah mata, nampaknya sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya.

Sebagian ahli yang lain, memandang hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau bergantung pada efek plasebo.

Lalu, benarkan bermanfaat untuk kesehatan?

Sindrom iritasi usus besar

Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa hipnoterapi dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS), misalnya sakit perut.

Meski studi ini belum memberikan bukti yang kuat, National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris tetap mengakui hipnoterapi sebagai pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita IBS yang belum merespon pengobatan lain.

Menurunkan berat badan dan berhenti merokok

Telah ada bukti penelitian walau masih merupakan penelitian terbatas, bahwa hipnoterapi dapat membantu beberapa orang untuk menurunkan berat badan dan berhenti merokok.

Halaman
12
Editor: Muhamad Edward
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help