Penukaran Uang Di Money Changer Meningkat Hingga 25 Persen

ada tiga mata uang asing yang permintaanya akhir-akhir ini melonjak, seperti SGD, Real dan Ringgit.

Penukaran Uang Di Money Changer Meningkat Hingga 25 Persen
TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA TRISNAWATI
Pegawai Money Changer Haji La Tunrung sedang melayani pelanggan yang ingin membeli mata uang Real di Money Changer Haji La Tunrung, Jalan R Sukamto, Rabu (25/11). 

Laporan wartawan TribunSumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menjelang akhir tahun, transaksi pertukaran mata uang asing di Money Changer meningkat hingga 25 persen.

Hal tersebut dirasakan oleh PT Haji La Tunrung AMC (Authorized Money Changer) yang mengalami kenaikan permintaan mata uang asing seperti Dolar Singapura (SGD), Real dan Ringgit.

"Menjelang akhir tahun ini, masyarakat mulai merencakan liburan ke berbagai negara. Hal tersebut berdampak positif terhadap transaksi yang meningkat di Money Changer. Peningkatannya mulai dari 20 persen hingga 25 persen sejak pertengahan November ini," ujar Pemasaran Haji La Tunrung AMC Palembang, Chika di Money Changer Haji La Tunrung, Jalan R Sukamto, Rabu (25/11).

Ia mengatakan ada tiga mata uang asing yang permintaanya akhir-akhir ini melonjak, seperti SGD, Real dan Ringgit.

Dipenghujung tahun, masyarakat mulai ramai membeli berbagai mata uang asing untuk perjalanan ke luar negeri, terutama SGD.

Sehingga untuk stok SGD pun hanya tinggal sedikit, namun biasanya dalam jangka waktu beberapa jam atau keesokan harinya stok akan ada lagi.

"Kita tidak akan membiarkan sampai kosong, sehingga hal ini lah yang membuat kita dipercaya oleh nasabah karena itu, kita tidak membiarkan nasabah yang datang tidak jadi transaksi.Secara rata-rata dalam sehari ada 50 hingga 60 orang yang melakukan transaksi di sini," katanya.

Chika menjelaskan setiap transaksi rata-rata jutaan rupiah. Kalau untuk liburan biasanya per nasabah itu Rp 5 juta hingga Rp 6 juta, dan kalau untuk haji atau umrah biasanya lebih besar hingga Rp15 jutaan.
Sedangkan untuk pecahan yang paling diminati yaitu pecahan yang kecil.

Untuk stok PT Haji La Tunrung AMC menyetok mulai dari 50 ribu
setiap mata uang seperti SGD, Real dan Ringgit, USD dan lain-lain. Jumlah tersebut akan habis dalam waktu seminggu hingga satu bulan."Pangsa pasar Palembang termasuk sangat bagus, dan berkontribusi 15 persen hingga 20 persen terhadap nasional," ujarnya.

Sementara untuk harga Rabu (25/11) harga beli Ringgit Rp 3350, harga jual Rp 3100, SGD harga beli Rp 9792 dan harga jual Rp 9700. Untuk Real harga beli Rp 3750 dan harga jual Rp 3504.

Ia menambahkan Money Changer PT Haji La Tunrung AMC di Palembang merupakan cabang ke-27 dan yang pertama di Sumatera.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved