Ini Penyebab Kulit Cepat Menua

Sebelum tidur, lakukan meditasi selama 10 menit untuk menenangkan pikiran dan konsumsi 400 mg magnesium jika Anda sering susah tidur.

Ini  Penyebab Kulit Cepat Menua
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM - Penuaan adalah hal yang tak terelakkan, tetapi terkadang tanda-tanda penuaan datang lebih cepat dari seharusnya. Ketahui apa saja pemicunya sehingga penuaan bisa diperlambat.

Ahli nutrisi dan terapi, juga pendiri Food Coach, Dana James menjelaskan apa penyebab penuaan dini dan cara mengatasinya secara alami:

- Stres
Stres adalah bagian dari kehidupan manusia, tetapi jika berlebihan bisa mencuri nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit.

"Ketika stres, tubuh menghabiskan berbagai nutrisi termasuk magnesium dan vitamin C untuk membuat hormon stres, seperti kortisol, adrenalin dan nonadrenalin" ujar James.

Magnesium dan vitamin C memainkan peran penting untuk pembentukan kolagen. Jika Anda stres, konsumsi cukup vitamin C, magnesium dan vitamin B kompleks setiap harinya.

- Penurunan hormonal
Wanita yang sedang datang bulan atau menopause biasanya lebih sering mengonsumsi gula untuk memperbaiki mood. Ternyata hal tersebut dapat memicu lonjakan hormon insulin.

Efek lain yang tubuh alami adalah inflamasi dan produksi enzim yang memecah kolagen dan elastin, yang menambah kerutan pada kulit. Kebiasaan makan ini juga dapat menghilangkan hormon estrogen dan testosteron.

Kendalikan konsumsi gula dan tepung untuk mengembalikan keseimbangan hormon. Melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti mendengarkan musik atau menari juga dapat mengurangi perasaan yang naik-turun saat PMS.

- Gelisah dan kurang tidur
Peremajaan kulit terjadi pada malam hari ketika tidur. Karenanya kita perlu tidur cukup.

"Tidur kurang dari 6 jam akan menyebabkan ghrelin meningkat dan akan terbangun karena lapar. Ghrelin juga sebagai pemicu ingin makan makanan yang berbasis karbohidrat" tambahnya.

Sebelum tidur, lakukan meditasi selama 10 menit untuk menenangkan pikiran dan konsumsi 400 mg magnesium jika Anda sering susah tidur.

- Terlalu banyak alkohol
Minuman beralkohol membuat tubuh terdehidrasi dan menghabiskan kadar vitamin B dan magnesium, dimana zat tersebut dibutuhkan untuk kesehatan kulit. "Hal ini juga mempengaruhi GABA, neurotransmitter yang membuat tertidur" pungkas James.

- Kurangnya lemak dan minyak
Tidak semua wanita membutuhkan banyak lemak untuk dietnya. Namun jika kulit Anda terlalu kering dan bersisik, berarti Anda kekurangan lemak.

Membran sel kita, termasuk sel kulit, terbuat dari lemak jenuh dan penting untuk mengonsumsi omega 6 & omega 3.

Pilihlah lemak dengan pemrosesan minimal seperti minyak kelapa atau chia karena mengandung asam lemak yang baik. Campurkan ke dalam salad atau pudding. (Muthia Zulfa)

Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help