Benalu Teh Pagaralam Bisa Bunuh Kanker

Benalu Teh Bisa Menghambat Invasi Kanker Sampai 99,4 %

Ahli Pengobatan Tradisional dr Ria Anindita mengatakan, benalu merupakan tanaman parasit yang hidupnya menumpang pada tanaman lain,

Benalu Teh Bisa Menghambat Invasi Kanker Sampai 99,4 %
TRIBUNSUMSEL.COM/ANDI AGUS TRIYONO
Benalu kering teh Pagaralam 

TRIBUNSUMSEL.COM - Ahli Pengobatan Tradisional dr Ria Anindita mengatakan, benalu merupakan tanaman parasit yang hidupnya menumpang pada tanaman lain, utamanya pohon-pohon besar. Benalu berbeda-beda, tergantung jenis tumbuhan inangnya. Pada teh disebut Scurrulla atropurea, pada belimbing dinamakan Macrrosolen cochinchinensis.

“Pada mangga, Dendropthoe petandra, dan duku Loranthaceae dendrophthoe,” ujarnya.

Umumnya benalu untuk pengobatan tidak dipakai secara tunggal untuk tumor atau kanker, biasanya digabung dengan sambiloto, kulit buah delima, dan tabat barito.

Menurutnya, ada beberapa bukti ilmiah tentang benalu teh seperti penelitian Dr Hendig Winarno, periset BATAN, diisolasi 16 senyawa asal benalu, salah satu senyawanya Oktadeka 8,10,12 asam trinoat mampu menghambat invasi kanker 99,4 % pada konsentrasi 10 mg/ml. Senyawa ini merupakan asam lemak tak jenuh mengandung atom karbon 18.

Fakultas farmasi dan kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR), melakukan praskrining aktivitas biologi antikanker ekstrak daun benalu teh. Hasil penelitian tersebut kloroform daun benalu teh menunjukan hasil yang positif.

“Untuk kanker semua bahan direbus,disaring, kemudian diminum dua kali sehari,” ungkapnya

Untuk jumlah dan senyawa aktif dalam benalu tergantung jenis tanaman induknya, tapi prinsipnya benalu merupakan zat anti kanker yang tugasnya menumpas sel-sel kanker.

Penulis: Tribun Sumsel
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help