Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Sumsel

Ketika Putri John F Kennedy Mengenang Bung Karno

Selasa, 4 Maret 2014 18:13 WIB

Ketika Putri John F Kennedy Mengenang Bung Karno
ISTIMEWA
Pertemuan Dubes Yusron dengan Dubes AS, Caroline Kennedy di sela-sela Japan International Food Expo 2014 (Foodex 2014), Selasa (4/4/2014)

TRIBUNSUMSEL.COM, TOKYO - Dubes RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra dan Dubes AS untuk Jepang, Caroline Kennedy,  terlihat bercengkerama akrab dalam acara Japan Food Expo 2014 (Foodex Japan 2014) di Makuhari  Messe (20 kilometer dari Tokyo), Selasa 4/4/2014.

Kedua dubes berada di tempat ini datang untuk melakukan pengguntingan pita, menandai dibukanya Japan Food Expo 2014 yang diikuti oleh 82 negara peserta, termasuk Indonesia.

Di sela-sela acara ini, Dubes Yusron dan Dubes Kennedy sempat berbincang-bincang. Tanpa diduga-duga, Dubes Kennedy mengatakan Indonesia merupakan negara yang selalu  berada dalam ingatannya.

Khususnya, karena dia memiliki sebuah kenangan manis tentang Indonesia. "Indonesia selalu ada dalam ingatan saya. Saya pernah berkunjung ke  Indonesia dalam rangkaian bulan madu," ujar Kennedy mengawali ceritanya.

"Pada masa itu, saya juga berkunjung ke Borobudur," lanjut Dubes AS yang kehadirannya di Jepang mendapat perhatian kalangan media dari manca negara ini.

"Oh, terima kasih sekali karena Anda telah memilih Indonesia (Yogyakarta) untuk penggalan penting dalam sejarah perjalanan hidup Anda," ujar Dubes Yusron dalam perbincangan akrab, sebagaimana disebutkan dalam rilis KBRI Tokyo yang dikirimkan kepada Tribunnews.com.

"Semasa hidupnya, mendiang Ayah Anda, Presiden John F. Kennedy amat dekat dengan Bung Karno, mendiang Presiden kami," ujar Dubes Yusron melanjutkan.

Dubes Kennedy kemudian menjawab menjawab dengan yakin bahwa dia tahu peristiwa tersebut.

"Saat masih kecil, ibu saya sering bercerita tentang Bung Karno dan Indonesia kepada saya. Mungkin ini yang membuat saya memutuskan ke Indonesia puluhan tahun silam itu serta ingin menyaksikan Borobudur," Caroline Kennedy kemudian menjawab sumringah.

Dubes RI dan Dubes AS berada di Makuhari bersama sejumlah dubes negara lain dalam Expo tahunan bergengsi yang diikuti oleh 2700 peserta pameran (exhibitor).

Beberapa produk makanan dan minuman Indonesia seperti madu, cokelat, teh, kopi, makanan beku, olahan hasil laut, serta minyak sawit dari 28 perusahaan tampak terpampang di Pavilion Indonesia.

Dubes Yusron menilai bahwa Foodex Jepang 2014 merupakan ajang penting bagi promosi makanan dan produk pangan Indonesia. "Kita harus tampil ke pentas dunia, termasuk melalui makanan atau kuliner kita," ujar Yusron..

Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas