• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Tribun Sumsel

Siapa Sosok Bunda Putri?

Sabtu, 12 Oktober 2013 07:09 WIB
Siapa Sosok Bunda Putri?
Detik.com
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - Sosok Bunda Putri menjadi terkenal saat disebut berkali-kali dalam persidangan perkara kasus dugaan korupsi impor daging sapi. Bunda Putri juga disebut memiliki sebuah perusahaan pupuk dan memiliki pengaruh ke pihak Istana untuk mengatur reshuffle atau perombakan kabinet.

Lalu, siapakah sosok Bunda Putri?

1. Bunda Putri dan Luthfi Hasan Ishaaq
Nama Bunda Putri disebut oleh mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis (10/10/2013). Luthfi mengaku kenal dengan Bunda Putri lantaran dikenalkan oleh Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin.

Ia mengatakan tidak tahu nama asli Bunda Putri. Namun, Luthfi mengetahui bahwa saat berkunjung ke rumah Bunda Putri, terdapat foto dari ayah Bunda Putri yang merupakan pendiri Golkar. Luthfi pun menuturkan Bunda Putri adalah orang yang sangat dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Luthfi pernah mendatangi rumah Bunda Putri di Pondok Indah, Jakarta Selatan, pasca-penangkapan Ahmad Fathanah oleh KPK. Luthfi langsung menanyakan adakah rencana reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu. Ia mengaitkan penangkapan Fathanah dengan isu kebijakan reshuffle oleh Presiden. Sebab, awalnya, ia mendengar kabar ada seorang sopir menteri yang juga ditangkap KPK. Penangkapan itu diduga hanya untuk menggeser jabatan menteri dari PKS.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun memiliki rekaman perbincangan pada Januari 2013. Di dalam rekaman itu, Luthfi menyebut Bunda Putri adalah seseorang yang mengondisikan para pengambil keputusan. Awalnya pembicaraan antara Luthfi dan Ridwan melalui telepon.

2. Bunda Putri dan Anak Petinggi PKS
Ridwan Hakim adalah putra Hilmi Aminuddin. Dia juga mengenal sosok Bunda Putri. Menurutnya, Bunda Putri adalah seorang mentor bisnis. Pada saat Fathanah ditangkap, Ridwan tengah berada di rumah Bunda Putri. Anehnya, ketika itu Bunda Putri meminta Ridwan untuk menyambungkan telepon kepada Luthfi untuk menanyakan soal duduk perkara penangkapan tersebut.

3. Bunda Putri dan Menteri Pertanian
Bunda Putri yang dikenal memiliki jaringan luas juga diketahui mengenal Menteri Pertanian Suswono. Menteri asal PKS ini mengaku pernah mendatangi pabrik pupuk organik milik Bunda Putri di Kalimantan.

"Pernah waktu itu di Kalimantan Barat ketika mengunjungi pabrik pupuk organiknya dia. Seingat saya, itu pertama kalinya saya ketemu," ujar Suswono di Kompleks Parlemen, Rabu (5/9/2013).

Suswono mengungkapkan, selain pertemuan itu, dia juga sempat melihat Bunda Putri dalam acara PKK yang dihadiri Presiden. Ketika itu, lanjutnya, Presiden hadir dalam rangka perencanaan gerakan perempuan untuk pekarangan. Saat dicecar wartawan tentang identitas Bunda Putri, Suswono terus mengelak.

"Yang pasti dia tidak bermain di Kementan (Kementerian Pertanian)," ujar Suswono.

4. Bunda Putri, istri Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian
Beredar informasi dari internal Komisi IV DPR RI, sosok Bunda Putri adalah istri dari Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Hasanuddin Ibrahim alias Odeng. Odeng pun sempat terlihat gugup saat seluruh media massa membidik wajahnya lewat kamera di dalam rapat pada 5 September lalu.

Seusai rapat, Odeng tidak memberi jawaban yang tegas saat dikonfirmasi mengenai kabar bahwa Bunda Putri adalah istrinya. Odeng tidak membantah, tetapi juga tidak membenarkan dengan alasan tak ingin hal-hal pribadinya, seperti keluarga, diusik.

"Pertanyaan yang dimaksud makhluk Allah namanya Bunda, saya tidak mengerti, kan banyak. Nama bisa sama, siapa pun bisa mirip. Pastikan dulu. Saya enggak mau ditanya soal rumah tangga saya, clear," tandasnya.

5. Bunda Putri dan Golkar
Berdasarkan keterangan Luthfi, Bunda Putri adalah anak dari pendiri Partai Golkar. Menurut sumber internal Golkar, Bunda Putri adalah anak Mayjen TNI Achmadi, mantan Menteri Penerangan di Kabinet Dwikora era Orde Lama.

Namun, sumber itu tidak mengetahui apakah Achmadi adalah pendiri partai. Dia hanya menyebutkan bahwa Achmadi memiliki anak bernama Gina yang bertugas di Jepang dan Sugeng yang bekerja sebagai staf salah satu departemen.

Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Priya Ramadhani menuturkan Achmadi adalah Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta tahun 1980-an. Dia memiliki anak banyak. Salah satu anaknya, kata Priya, menikah dengan mantan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Fajar Panjaitan.

“Tapi saya tidak tahu kalau ada anaknya yang bernama Bunda Putri atau Non Saputri seperti yang ditanyakan tadi,” ungkap Priya, saat dihubungi Jumat (11/10/2013) siang ini.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung pun tak mengetahui sosok Bunda Putri. “Saya tidak tahu siapa itu Bunda Putri, baru dengar juga. Siapa ayahnya?” tutur Akbar.

Saat ditanyakan soal Achmadi, Akbar mengakui pernah mengenal nama itu. “Saya pernah dengar nama ini, tapi enggak tahu siapa saja anaknya,” ucap Akbar.

Hingga kini, sosok Bunda Putri masih misterius. Meski demikian, Presiden sudah menggelar jumpa pers untuk mengklarifikasi pernyataan Luthfi terkait Bunda Putri. SBY marah dan menyatakan semua yang dikatakan Luthfi adalah kebohongan. Ia pun sudah mengklarifikasinya ke Menteri Pertanian, Menteri Sekretaris Negara, hingga pihak keluarga.

Dari keterangan itu, Presiden baru mengetahui bahwa Bunda Putri adalah istri dari seorang pejabat di Kementerian Pertanian. SBY berjanji akan mengumpulkan informasi untuk membuka sosok Bunda Putri.

Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
185063 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas