• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Sumsel

Dirut Orchid Divonis 18 Bulan Penjara

Kamis, 19 September 2013 23:11 WIB

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -  Komisaris Utama PT Sukses Bersama Centerpoin yang juga Direktur Utama Pembangunan Apartemen Orchid Palembang Hartono Gunawan dan Fende Petrus Yong Fendi, terdakwa dalam kasus penipuan cek giro kosong, di vonis 18 bulan penjara di Pengadilan Negeri Palembang, Kamis (19/9).

Majelis hakim yang diketuai  Ali Makki kepada kedua terdakwa karena terbukti bersalah melanggar Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 ayat 1, tetapi vonis yang dijatuhkan majelis lebih ringan dari tuntutan JPU Dahasril SH yang menuntut kedua terdakwa dengan tuntutan 2 tahun penjara dipotong masa tahanan.

Vonis yang dijatuhkan majelis kepada kedua terdakwa, membuat kuasa hukum kedua terdakwa Rusmin Wijaya akan mengajukan  banding atas vonis yang dijatuhkan.

Penasehat hukum kedua terdakwa pada sidang sebelumnya mengatakan bahwa tidak sependapat dengan tuntutan jaksa dan minta kedua terdakwa dibebaskan.  Sebelum menyatuhkan vonis kepada kedua terdakwa, selama 45 menit secara bergantian majelis membacakan putusan.

Ketika majelis membacakan putusan terungkap di ruang persidangan, kejadian berawal ketika HM Muhdi Abu Bakar selaku Komisaris Utama PT Sukses Bersama Centerpoin mengajak terdakwa bekerja sama untuk pembangunan Orchid Residence Apartemen di Palembang yang dijanjikan bakal menjadi apartemen mewah pertama di kota itu. 

Kemudian, Hartono Gunawan membeli saham PT Sukses Bersama Centerpoint dan sepenuhnya diambil alih Hartono dan Petrus untuk menjalankannya. Selanjutnya, kedua tersangka ini meminjam uang kepada HM Muhdi Abu Bakar dengan total Rp 2,1 miliar untuk pembangunan apartemen itu. 

"Pembangunan Apartemen Orchid menuai masalah karena pengembang mengalami kesulitan dana, sehingga merugikan sekitar 150 orang pembeli yang terlanjur telah menyerahkan uang muka berkisar puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah," baca majelis.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
174563 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas