Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Sumsel
Home »

KPU Palembang Tidak Lakukan Sosialisasi Mengenai PSU

Rabu, 14 Agustus 2013 17:24 WIB

KPU Palembang Tidak Lakukan Sosialisasi Mengenai PSU
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF B ROHEKAN
Anggota KPU Palembang divisi perencanaan sosialisasi, pendidikan pemilih, Yudha Mahrom 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubenur Sumsel 4 September mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang menyatakan tidak akan melakukan sosialisasi pasangan calon dari pihaknya kepada masyarakat luas, akan adanya pelaksanaan PSU tersebut.

"Jelang PSU, soasialisasi kita belum mendapatkan tahapan dari KPU Provinsi, terkait  ada anggarannya tidak, atau apa perlu dilakukan sosialisasi, karena ini terkait pemungutan ulang tidak ada yang urgen atau mendesak," kata anggota KPU Palembang divisi perencanaan sosialisasi, pendidikan pemilih, Yudha Mahrom, Rabu (14/8/2013).

Menurut Yudha, pihaknya hingga sekarang juga belum mendapatkan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan PSU nanti oleh KPU Sumsel, meskipun selama ini selalu berkoordinasi.

"Untuk jelasnya kami belum mendapatkan gambarannya petunjuk teknis, termasuk logistiknya kapan akan tiba di KPU Palembang," ungkapnya.

Meskipun tidak ada sosialisasi yang dilakukan pihaknya menjelang pencoblosan ulang, namun pihaknya optimis angka partisipasi masyarakat kota Palembang akan tetap tinggi.

"Kita tetap opimis bisa mencapai 80 persen masyarakat Palembang yang memilih,  kita akan berusaha maksimal mungkin untuk mencapainya, terutama dengan penyebaran fomulir C6 lebih awal tidak mepet waktunya dalam penyerahan ke KPU kota, sehingga bisa diditribusikan segera," jelasnya.

Dalam pemungutan ulang Pilgub Sumsel, pihaknya akan melakukan penyiapan logistik untuk TPS khususnya kotak suara yang ada.

"Tanggal 15 Agustus kita akan mengosongkan kotak suara eks pilwako Palembang, dengan disaksikan pihak terkait,  kepolisian, Bawaslu untuk memindahkan isi di dalam kotak suara ke dalam  karung dan gundang dan disimpan, untuk disiapkan pada  logostik PSU mendatang," bebernya.

Untuk diketahui, dalam sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU Provinsi Sumsel melakukan pemungutan suara ulang  Pilkada gubernur dan wakil gubernur Sumsel, di beberapa kota dan Kabupaten di Sumsel. Diantaranya Palembang, Prabumulih, OKU dan OKU Timur serta satu kecamatan di OKU Selatan.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Yohanes Iswahyudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas