• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Sumsel

Tahun Ini, Kecelakaan Mudik Jauh Menurun

Selasa, 6 Agustus 2013 23:01 WIB

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pelaksanaan Operasi Ketupat Musi 2013 pada H-2, berdasarkan data yang dihimpun angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas)  arus mudik  mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu. Hal tersebut diungkapkan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol R Djarod Padakova, Selasa (6/8/2013).

Bila pada Operasi Ketupat tahun 2012 lalu, H-2 laka lantas yang terjadi sebanyak 15 peristiwa dengan jumlah 12 orang korban meninggal dunia. Tetapi untuk tahun ini, hanya terjadi 10 peristiwa laka lantas dengan jumlah 4 orang korban  meninggal dunia.

"Kecelakaan yang terjadi antara kendaraan roda empat, sedangkan roda dua belum terdeteksi. Hingga hari ini (kemarin-red) angka kecelakaan lalu lintas sepenjang arus mudik di wilayah hukum Polda Sumsel mengalami penurunan dibanding tahun lalu, tetapi memang akan mengalami peningkatan meski tidak signifikan," katanya.

Lanjutnya, penurunan angka laka lantas arus mudik saat ini dikarenakan masyarakat yang melakukan mudik lebih memilih angkutan massal dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor.

Namun, sejauh ini intensitas penambahan jumlah kendaraan juga terus meningkat. Terlihat dari plat kendaaran dari luar yang mulai masuk ke wilayah hukum Polda Sumsel. Dengan adanya peningkatan, diharapkan pemudik dapat berhati-hati saat berkendara.

"Dihimbauan kepada pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua untuk lebih berhati-hati atau sebaiknya lebih mengutamakan angkutan massal, sehingga lebih aman dalam perjalanan," ujarnya.

Tak hanya itu, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik maupun arus balik mendatang, menurut Djarod, Polda Sumsel bersama instansi terkait, seperti Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel dan Dinas Perhubungan secara rutin akan menggelar tes urine terhadap sopir-sopir kendaraan umum.

"Untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang yang akan berlebaran di kampung halaman, secara rutin kita juga melakukan tes urine, seperti yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, di terminal Alang-alang Lebar dan Karyajaya," pungkasnya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas