• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Sumsel

Kuasa Hukum Jonli Akan Lapor ke Polisi dan KPK

Rabu, 31 Juli 2013 20:54 WIB

TRIBUNSUMSEL.COM - Meskipun pasangan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Empat Lawang,  Budi Antoni Aljufri-H Syahril Hanafiah (BERHASIL) diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) memenangkan Pemilihan Kepala Daerah setempat, dan keputusan itu bersifat final dan mengikat. Namun pasangan Joncik Muhammad- Ali Halimi (JONLI) akan melawan dan menilai tidak ada keadilan atas keputusan MK tersebut.

Salah satu tim kuasa hukum Jonli, Indra Cahaya mengaku, akan melaporkan pasangan Berhasil tersebut kepihak kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dengan objek hukum selama kampanye diduga telah menggunakan dana APBD.

"Kami akan melakukan upaya perlawanan hukum, kita akan laporkan ke KPK dan kepolisian untuk menangkap HBA,"ancam Indra Cahaya, saat dihubungi, Rabu (31/7).

Dikatakan Indra, pihaknya selama ini memiliki bukti yang adanya indikasi penyimpangan dana APBD kabupaten Empat lawang oleh pasangan incumbent tersebut. Namun dalam sidang MK karena pihaknya hanya terkait jadi memiliki keterbatasan dipersidangan.

"Saya nilai keputusan MK tersebut tidak mencerminkan rasa keadilan, sebab tindak pidana HBA tidak dipertimbangkan oleh hakim. Padahal  kami juga mengajukannya karena ini bersifat pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif yang dilakukan HBA. Dari kaca hukum jelas kita kecewa, tapi keputusan MK merupakan final dan mengikat,"terangnya.

Dijelaskan Indra, dalam keputusan MK tersebut hakim MK menerima sebagian pemohon dalam hal ini pasangan berhasil yaitu membatalkan SK KPU sebelumnya yang menetapkan pasangan Jonli sebagai pemenang Pilkada, dan menetapkan hasil perhitungan suara versi MK dimana hasilnya pasangan berhasil unggul hampir seribu suara dari pasangan Jonli.

"Pada hitungan di MK, pasangan Berhasil mengalami penambahan 57 suara, sedangkan pasangan Jonli berkurang sekitar1.400 suara,"ungkapnya.

Lebihlanjut Indra mengungkapkan, pihaknya tidak ingin menyalahkan pihak KPU Empat Lawang yang dalam hal ini kalah dalam gugatan di MK.

"KPU Empat Lawang kita nilai sudah berusaha maksimal, tapi prosesnya yang kuranga pas,"pungkasnya.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Aidil Putrasyah
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
149793 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas