• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Sumsel
Home »

4 September, Pemungutan Ulang Pilgub Sumsel

Jumat, 19 Juli 2013 00:27 WIB
4 September, Pemungutan Ulang Pilgub Sumsel
TribunSumsel/Arief
Ong Berlian 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel telah  menetapkan jadwal pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Sumsel di 5 Daerah, yaitu Palembang, Prabumulih, OKU Timur, OKU, dan 1 kecamatan Warkuk Ranau OKU Selatan, pada 4 september mendatang.

“Tadi siang  sudah diputuskan dalam rapat pleno KPU yang dihadiri seluruh komisioner KPU Sumsel dan sekretariat, pencoblosan pemungutan suara ulang dilaksanakan hari Rabu, 4 September,”kata anggota KPU Sumsel, Ong Berlian, usai menghadiri rapat pleno di seretariat KPU Sumsel, kamis (18/7/2013).

Menurut Ong, hasil rapat pleno KPU Sumsel  menjadwalkan pada 19-20 Juli 2013 akan dilakukan pengadaan logistik PSU Pilkada Sumsel 2013, dan akan didistribusikan akhir agustus mendatang. Hal itu atas dasar putusan MK, yang memberih waktu tenggang selama 90 hari.

"Pada tanggal 5-6 September 2013 akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPS (kelurahan/Desa), Kemudian 7-8 September 2013 rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK (kecamatan),"jelas Ong.

Sedangkan Pada tanggal 9-10 September 2013 akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten/Kota. Lalu pada 11-12 September 2013 akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Sumsel. "Nanti pada 13 September 2013 akan dilakukan rapat pleno penetapan hasil rekapituasi perolehan suara dan penetapan gubernur danwakil gubernur Sumsel terpilih priode 2013-2018,"bebernya.

Dijelaskan Ong, pada PSU ini para pasangan calon dilarang melakukan kampanye atau sosialisasi ke masyarakat, karena hal itu akan dilakukan pihaknya kepada masyarakat guna mengantisipasi tingginya golongan putih (golput) pada PSU Pilkada Sumsel mendatang.

Dimana sosialisasi tersebut, dalam bentuk alat peraga, behner ke kantor-kantor desa/kelurahan yang melaksanakan PSU, dan pengumuman di media massa, baik cetak maupun elektronik.

”Soialisasi ini intinya memberitahukan ke masyarakat untuk menggunakan hak pilihanya pada 4 September mendatang di 5 daerah yang dilakukan PSU. Diharapkan dengan sosialisasi, angka partisipasi masyarakat meningkat dan bisa mencapai 80 persen pemilih,”jelasnya

Lebihlanjut Ong mengatakan, meskipun tanggal 4 September bukan hari libur, namun pihaknya telah mengusulkan untuk menjadikannya hari libur di daerah yang melaksanakan PSU tersebut,"Kita sudah usulkan ke Gubenur Sumsel untuk menjadikannya hari libur,"tandas Ong.

Ong menambahkan, pada PSU Pilgub Sumsel ini pihaknya telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 42 milliar ke DPRD Sumsel. Namun nantinya akan mengalami penambahan sekitar Rp 2 milliar untuk Bimbingan Teknis (Bimtek).

"Jadi semua yang kita usulkan sekitar Rp 44 milliar, dimana hampir 50 persen dana tersebut diprioritaskan untuk honorer penyelenggara pemilu. Selebihnya surat suara, logistik dan sebagainya,"pungkas Ong.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Aidil Putrasyah
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
142544 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas