• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribun Sumsel

Stisipol Candradimuka Akan Buka S2 Ilmu Komunikasi

Minggu, 7 Juli 2013 22:13 WIB

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bekerjasama dengan Universitas Islam Bandung (Unisba), Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Candradimuka Palembang akan membuka program pascasrjana (S2) Ilmu Komunikasi. Rencananya program baru tersebut akan dibuka paling cepat pada Januari tahun 2014 mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka Sumarni Bayu Anita SSos MA.

"Namun, jika ada yang berminat untuk masuk ke jurusan tersebut, dapat mendaftar dari sekarang. Nantinya nama mereka akan dicatat terlebih dahulu," ujar Sumarni, Minggu (7/7/2013).

Dibukanya jurusan ini, menurut Sumarni adalah dikarenakan sangat penting untuk dikembangkan sehingga pihaknya dengan dibantu oleh pihak Unisba memutuskan membuka program ini. Untuk membuka secara mandiri dibutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang sehingga untuk jangka pendek pihaknya memutuskan untuk bekerja sama. Untuk membuka program pascasarjana dibutuhkan minimal dua profesor dan empat doktor tetap, sedangkan ia mengaku pihaknya baru memiliki dua doktor.

"Oleh karena itu, untuk mencukupi kuota itu kita dibantu oleh profesor dan doktor dari Unisba. Kami berharap program ini mendapat respon baik dari masyarakat," tuturnya.

Untuk masa belajar pascasarjana Ilmu Komunikasi ini pihaknya akan menggunakan sistem trimester, artinya satu semester dipadatkan menjadi 16 kali pertemuan selama empat bulan. Ini berarti dalam jangka waktu  1 tahun 3 bulan, mahasiswa sudah bisa menyelesaikan studinya. Sementara itu, untuk program sarjana (S1) pendaftaran mahasiswa baru (maba) sudah dibuka sejak 1 Maret lalu dan akan berakhir pada 31 Juli mendatang.

Ada empat jurusan yang ditawarkan, yaitu Ilmu Administrasi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Ilmu Politik. Dari semua jurusan tersebut Ilmu Komunikasi menjadi jurusan yang paling difavoritkan. Hal ini dikarenakan Ilmu Komunikasi masih belum banyak ditemui di perguruan tinggi di Palembang, sehingga dengan akreditasi B jurusan ini sudah cukup digemari cama. Pendaftaran yang diterapkan Stisipol Candradimuka one day test, yaitu cama mendaftar dan akan langsung dites hari itu juga.

"Calon mahasiswa yang berminat silahkan datang ke kampus Stisipol Candradimuka dengan membawa persyaratan yang ditetapkan dan membayar biaya pendaftaran Rp 200ribu. Mereka akan langsung dites secara tertulis dan wawancara, hasilnya akan diinformasikan hari itu juga," ucapnya.

Cama harus menyiapkan fotocopy ijazah atau Surat Tanda Kelulusan yang dilegalisir, fotocopy KTP, pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak enam lembar dan ukuran 2x3 sebanyak dua lembar, dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di kampus Stisipol Candradimuka Jl Swadaya Sekip Ujung Palembang.

"Warna biru untuk jurusan Ilmu Komunikasi, warna merah untuk Ilmu Administrasi, warna hijau untuk Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan warna kuning untuk Ilmu Kesejahteraan Sosial," jelasnya.

Penulis: Kharisma Tri Saputra
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas