Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Sumsel

Nama Caleg Akan Dipublikasikan di Media Massa dan Masyarakat Diminta Menilainya

Kamis, 13 Juni 2013 23:38 WIB

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat akan melaksanakan uji publik, terhada 479 calon legislatif (Caleg) yang masuk daftar calon sementera (DCS). Nama mereka akan dipublikasikan di media, untuk diketahui masyarakat secara luas. Sehingga bila ada aduan warga mengenai caleg tersebut dan terbukti setelah diselidiki, maka namanya bisa dicoret atau gugur.

Ketua KPU Kabupaten Lahat Darsih Elyanto ketika dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya memang akan melaksanakan uji publik pada semua Caleg. Total ada 479 caleg yang masuk daftar calon sementera (DCS), dari 12 partai politik yang ada di Kabupaten Lahat. Mereka sudah melewati tahap verifikasi awal, yang dilakukan KPU Kabupaten Lahat.

Uji publik akan dilakukan selama lima hari, mulai Jumat (14/6/2013). Semua nama caleg yang sudah melewati tahap verifikasi awal akan diumumkan, di beberapa media cetak lokal atau pun regional di Sumsel. Sehingga masyarakat bisa melihat calon wakil mereka di DPRD Kabupaten Lahat, berdasarkan daerah pemilihan masing-masing yang sudah ditetapkan.

Ia meminta masyarakat tak hanya mengamati saja, namun juga mengkritisi Caleg berdasarkan dapil masing-masing. Sehingga bila ditemukan adanya pelanggaran atau tindakan caleg terdahulu yang dianggap tidak sesuai, bisa mereka tindaklanjuti. Namun warga harus memberikan aduan terlebih dahulu, sehingga proses uji publik bisa dilakukan.

"Laporkan pada kami, bila caleg tersebut bermasalah. Apalagi bila ada yang tersangkut tindak pidana, dan pernah di hukum," ujar Darsih, Kamis (13/6/2013). (tommy sahara)
Editor: Yohanes Iswahyudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas