Sabtu, 28 Februari 2015

6 Kiat Menghadapi Persalinan Normal

Kamis, 6 Juni 2013 20:33 WIB

Namun untuk menjalani proses persalinan yang natural ini, Anda perlu memenuhi beberapa syarat berikut:

1. Persalinan natural
Melahirkan adalah peristiwa natural (alami), bukan peristiwa medis, sehingga intervensi medis seperti operasi caesar hanya dilakukan jika memang karena pertimbangan medis dan mendesak. Persalinan alami berarti persalinan dilakukan dengan cara natural atau spontan pervaginam alias bersalin normal. Inilah proses persalinan paling nyaman, aman, minim dampak negatif, ekonomis, dan membanggakan. Itulah mengapa, persalinan natural menjadi salah satu prinsip utama Gentle Birth (GB).

Semua ibu sebenarnya dapat melakukan persalinan ini karena Tuhan telah menciptakan semuanya secara proporsional dan sesuai dengan peruntukannya. Hanya dalam situasi dan kondisi tertentu saja seorang ibu tidak dapat melakukan persalinan jenis ini. Untuk dapat melakukan persalinan ini, kita tidak perlu melakukan aneka tahapan medis yang merepotkan.

Inilah asyiknya persalinan natural, tidak seperti caesar yang mengharuskan pasien melakukan beberapa tahapan medis dulu. Agar dapat bersalin dengan normal, Anda hanya perlu persiapan biasa seperti menjaga kesehatan fisik dan batin, memilih asupan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan cukup istirahat.

Ada banyak manfaat yang didapat bila Anda melahirkan secara normal. Salah satunya, Anda terhindar dari banyak trauma fisik dan psikis akibat proses persalinan. Karena di dunia ini, semua cara persalinan memiliki trauma luar biasa, kecuali proses persalinan natural.

Keuntungan lainnya, Anda dapat merasakan dan mengalami perjuangan yang luar biasa sebagai seorang ibu. Apalagi kita tahu, pengalaman dan rasa persalinan anak pertama, kedua, dan ketiga tidaklah sama. Meski persalinan natural menjadi hal yang utama, untuk ibu hamil karena indikasi medis persalinan natural seperti ini tidak bisa dilakukan. Meski begitu, bukan berarti Anda gagal, toh banyak prinsip utama GB lainnya yang dapat dijalani dengan sukses oleh Anda.

2. Anda sang penentu
Di sini, poros kekuatan, ritme, dan proses ada pada calon ibu, bukan pada prosedur baku mekanistik. Ini berarti Anda lah yang dapat menentukan apakah proses persalinannya akan berjalan mudah atau sulit. Karena yang akan merasakan nikmatnya bersalin adalah Anda, maka seperti apa bentuk atau cara bersalinnya ada di tangan Anda. Hal itu akan berpengaruh pada kesiapan dan keyakinan ibu dalam proses persalinan normal.

Halaman12
Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas