Kamis, 27 November 2014
Tribun Sumsel

Stikes Perdhaki Charitas Palembang Lakukan Penyuluhan Imunisasi dan Lingkungan Hidup

Rabu, 29 Mei 2013 22:01 WIB

Stikes Perdhaki Charitas Palembang Lakukan Penyuluhan Imunisasi dan Lingkungan Hidup
Bonaventura YDS
Mahasiswa dan mahasiswi kebidanan tingkat akhir Stikes Perdhaki Charitas Palembang mengadakan penyuluhan imunisasi serta tumbuh kembang anak dan penjernihan air di Balai Desa Talang Pangeran Kecamatan Pamulutan Barat Indralaya, Rabu (29/5/2013) pukul 10.00 .
INDRALAYA - Sekitar 50 mahasiswa dan mahasiswi kebidanan tingkat akhir Stikes Perdhaki Charitas Palembang mengadakan penyuluhan imunisasi serta tumbuh kembang anak dan penjernihan air di Balai Desa Talang Pangeran Kecamatan Pamulutan Barat Indralaya, Rabu (29/5/2013) pukul 10.00 .

Tujuan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah untuk melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan serta mengenalkan kepada para penduduk pentingnya imunisasi bagi balita dan kesehatan dalam lingkungan.

Kegiatan ini sangat di terima baik oleh masyarakat sekitar karena banyak yang kurang memahami manfaat imunisasi bagi para balita, kegiatan yang diikuti oleh balita serta ibu dan lembaga PNPM.

Menurut Ketua Panitia Margaretha Haiti, mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu program Stikes Perdhaki Charitas untuk praktek kerja lapangan bagi kebidanan tingkat akhir khususnya, serta memberi penyuluhan kepada masyarakat betapa pentingnya imunisasi kepada anak. Antusias warga cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. "Kami berterimakasih kepada RT/RW setempat, Lurah dan camat yang menerima kami dengan baik," ungkapnya.

"Wah kami menyambut baik adik-adik kami dari Stikes Perdhaki Charitas yang telah bersedia datang ke desa kami untuk memberikan penyuluhan tentang imunisasi dan penjernihan air. Emang sebagian warga belum mengetahui manfaat imunisasi kepada balita dan kebanyakan juga air di desa kami keruh sehingga banyak sekali manfaat dari penyuluhan ini, "ungkap Kepala Desa Talang Pangeran Ulu, Kasnadi Bermawi.

Sedangkan menurut seorang mahasiswi Stikes Perdhaki Charitas, Felisitas, mengatakan kegiatan ini memang sering dilakukan untuk tugas akhir dan memberikan perhatian kepada masyarakat yang kurang memahami tentang kesehatan. "Karena saya sendiri melihat angka presentase ibu-ibu yang memahami imunisasi hanya 54% dan sisanya banyak yang tidak memahaminya. Padahal itu sangat berguna untuk kekebalan balitanya dan juga penelitian saya banyak air keruh di desa ini yang tidak layak diminum dan untuk mandi, semoga dari apa yang kami berikan dapat berguna bagi masyarakat didesa ini," ujarnya.

Seorang warga, Sri mengatakan sangat senang sekali karena masih ada yang peduli tentang kesehatan mereka. "Kami yang awalnya kurang memahami manfaat imunisasi itu sendiri karena adik-adik kami dari Stikes Perdhaki ini, kami memahami manfaat imunisasi itu," ungkapnya.

Selain acara penyuluhan mereka juga mengadakan acara bernyanyi dan bermain bersama anak-anak di desa tersebut dan terlihat kegembiraan dari wajah-wajah para anak-anak yang ada di balai desa tersebut. Semoga kegiatan ini banyak di contoh oleh lembaga-lembaga masyarakat untuk melihat kesehatan dari penduduknya tersendiri.


Dikirim oleh :
Bonaventura YDS
Editor: Yohanes Iswahyudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas