A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Pembuatan Akte Kelahiran Gratis - Tribun Sumsel
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 17 April 2014
Tribun Sumsel

Pembuatan Akte Kelahiran Gratis

Rabu, 29 Mei 2013 06:37 WIB
TRIBUNSUMSEL.COM, BATURAJA - Dari 10-15 orang per hari, pembuatan akte kelahiran yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) meningkat sebesar 40 orang perhari.

Kepala Disdukcapil OKU, Dra Hj Etty Poernawati, kepada wartawan mengatakan, peningkatan ini karena putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan penerbitan akte lahir tanpa penetapan pengadilan.
"Sebelum terbit putusan MK, jumlah pemohon pembuatan akte lahir hanya kisaran 10-15 orang setiap harinya. Namun, sekarang meningkat sebanyak 40 orang," kata Etty, Selasa (28/5/2013).

Etty menjelaskan dalam putusan MK menyatakan mekanisme pengurusan akte
kelahiran yang telah lewat satu tahun sejak kelahiran tidak perlu melalui pengadilan. MK membatalkan sejumlah frasa dalam Pasal 32 ayat 1 Undang-undang (UU) Nomor 32 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang melibatkan pengadilan dalam proses pencatatan akte kelahiran tertanggal 1 Mei 2013. "Dengan putusan MK tersebut, syarat pembuatan akte lahir menjadi lebih mudah," katanya.

Dijelaskannya, mengenai biaya pembuatan akte lahir, masyarakat tidak dipungut biaya sepeserpun juga. Hal ini sesui dengan Perda Nomor 16/2011 diubah dengan Perda Nomor 17/2012 tentang retribusi jasa dan umum bahwa biaya pembuatan akte lahir ditanggung oleh pemerintah.

"Pembuatan akte lahir bagi bayi baru lahir maupun yang berusia di atas satu tahun semuanya gratis ditanggung pemerintah,"jelasnya.

Dengan digratiskannya pembuatan akte lahir tersebut, lanjut dia, hendaknya masyarakat di Bumi Sebimbing Sekundang agar segera mengurus akte lahir anaknya di Disdukcapil OKU.  "Tidak ada lagi alasan masyarakat enggan mengurus akte lahir. Sebab, biaya penbuatan sekarang sudah ditanggung pemerintah alias gratis," katanya.
Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
115263 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas