• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Sumsel

Pascasarjana Universitas Unsri Tambah Program Studi Kesehatan Masyarakat

Selasa, 28 Mei 2013 06:39 WIB
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pada tahun 2013 ini Pascasarjana Universitas Sriwijaya (Unsri) akan menambah satu program Magister (S2), hal ini dilakukan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat penting dan berkaitan langsung dengan masyarakat. Selain itu juga bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan program tersebut untuk publik. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Program Pascasarjana Unsri Bukit Besar Palembang Hilda Zulkifli, Senin (27/5/2013). Ia mengatakan bahwa satu program magister baru tersebut adalah program pascasarjana S2 Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

“Di Pascasarjana Unsri sendiri telah memiliki dua puluh satu program pascasarjana, dari total tersebut untuk program S2 ada 17 program pendidikan, dan untuk doktor (S3) ada 4 program pendidikan, dengan ditambahnya satu program pascasarjana S2 kesehatan masyarakat ini, jadi total keseluruhan yakni dua puluh dua program yang ada disini,” ujar Hilda.

Rincian dua puluh dua program tersebut, lanjut Hilda, yakni 18 program S2 ilmu tanaman, agribisnis, ilmu ekonomi, ilmu hukum, pendidikan bahasa, teknik kimia, ilmu biomedik, teknik sipil, pengelolaan lingkungan, administrasi publik, pendidikan matematika, teknologi pendidikan, kependudukan, ilmu manajemen, sosiologi, teknik mesin, teknik pertambangan, dan yang baru kesehatan masyarakat.

Selain delapan belas program S2 tersebut, ada juga empat program S3 seperti ilmu pertanian, ilmu lingkungan, ilmu hukum, dan ilmu ekonomi. Untuk program baru ini, ia mengaku baru tanggal 30 April kemarin mendapatkan izin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI dengan No SK 164/E/O/2013 keputusan tentang izin penyelenggaraan program studi ilmu kesehatan masyarakat program magister (S2) kepada Unsri di Palembang.

“Kesmas ini adalah program studi S2 yang sangat penting dan sekarang sudah diberikan kewenangannya kepada Unsri se-Sumbagsel. Program ini juga satu-satunya program yang baru ada khususnya di Sumsel untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk calon mahasiswa kesmas ini bukan hanya untuk daerah, namun untuk publik, dengan kuota penerimaan sebanyak 25 mahasiswa,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan FKM Unsri Hamzah Hasyim, mengatakan untuk tenaga pengajar, beberapa diambil dari FKM Unsri yang memang berkompetensi yang baik dan ditegaskan, untuk masalah tenaga kerja tidak perlu dikhawatirkan.

“Dengan mendapatkan SK dari Kemdikbud, pihak Pascasarjana Unsri dapat menyelenggarakan program studi yang baru ini, mereka yang ingin meningkatkan level pendidikan kesehatannya dapat bergabung di program studi kesehatan masyarakat. Bertambahnya program tersebut dapat membangun Sumsel dengan indeks pembangunan Indonesia dapat berkembang baik dan bersaing,” tukasnya.
Penulis: Kharisma Tri Saputra
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
114773 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas