• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Sumsel

BBM Subsidi Ditimbun untuk Dijual Lagi

Selasa, 7 Mei 2013 22:08 WIB
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Direktorat Reserses Kriminal Khusus Polda Sumsel berhasil mengamankan 57 jeriken atau sebanyak 1.710 liter BBM bersubsidi jenis premium yang akan dijual kembali ke kawasan Mariana Banyuasin, Jumat (3/5/2013) sekitar pukul 15.00 lalu.

BBM bersubsidi jenis premium tersebut sengaja ditimbun Agnes Kristiani (30) dan adik iparnya  Yosep Kurniawan (25) untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Bila di SPBU harga premium hanya Rp 4.500 perliter, dengan ditimbun dan dijual kembali mereka bisa mendapatkan untung senilai Rp 400 perliternya.

Menurut tersangka Agnes Kristiani saat diperiksa di Mapolda Sumsel, bensin tersebut merupakan BBM yang diperolehnya dari SPBU  24.302.95 terletak di Jalan Kapten Abdullah yang tidak lain milik Yosep Rahmat (70) orangtua dari tersangka.

Saat malam hari, BBM tersebut dipompa dan disimpan dalam jeriken untuk ditimbun. Setelah dirasa cukup, barulah BBM tersebut dibawa menggunakan mobil untuk dijual kembali di kawasan Mariana Banyuasin.

"Bensin tersebut di pompa dari SPBU dan dikumpulkan di rumah kemudian diangkut ke Mariana untuk dijual kembali seharga Rp  4.900 perliternya. Memang untungnya tidak banyak tetapi lumayan," kata warga Jalan Kapten Abdullah No 23 Kelurahan Talang Putri Kecamatan Plaju Palembang ini.

Terungkapnya penimbunan BBM bersubsidi jenis premium yang akan dijual kembali ini, berawal dari informasi warga bahwa seringkali warga yang akan membeli BBM di SPBU tersebut selalu cepat habis. Dari laporan tersebut, petugas yang langsung dipimpin Kompol Edi Haka kanit III subdit IV  Tipiter Polda Sumsel,  melakukan penyelidikan.

Alhasil, petugas berhasil mengungkap bahwa BBM jenis premium tersebut sengaja ditimbun tersangka di kediamannya  yang berlokasi persis disamping SPBU 24.302.95. Ketika dilakukan pengeledahan, petugas berhasil menemukan 19 jeriken yang berisikan BBM bersubsidi jenis premiun di dalam mobil Kijang Minibus Nopol BG 1504 MZ yang siap membawa BBM tersebut ke Maryana Banyuasin.

Tak hanya itu saja, petugas juga melakukan pengembangan dan berhasil menemukan  38 jeriken BBM jenis premium di dalam rumah dan gudang milik tersangka. Dari barang bukti yang diperoleh petugas, kedua tersangka tidak dapat berkutik dan langsung digelandang ke Mapolda Sumsel beserta barang buktinya.
Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
104384 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas