• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Sumsel

KPU Sumsel Tetapkan DPT Pilgub Sumsel 5.820.453

Kamis, 25 April 2013 18:15 WIB
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan Tempat Pemungatan Suara (TPS) pada Pemilihan Gubenur Sumsel, Kamis (25/4/2013) di Kantor KPU Sumsel, Jalan Pangeran Ratu, Jakabaring, Palembang.

Jumlah DPT yang ditetapkan tersebut sebanyak 5.820.453, sementara jumlah TPS ditetapkan sebanyak 16.579, yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota se-Sumsel.

Pleno dihadiri seluruh komisioner KPU Sumsel, Bawaslu Sumsel, Ketua KPU dan Panwaslu Kabupaten/kota se-Sumsel, serta perwakilanempat cagub Sumsel yakni, dari kandidat nomor urut satu Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN), nomor urut dua Iskandar Hasan-Hafizs Tohir (Ishat),  nomor urut tiga Herman Deru-Maphilinda Syarial Oesman (DerMa), dan nomor urut empat Alex Noerdin-Ishak Mekki (Alim).

Meskipun sudah dilakukan penetapan, dari 15 kabupaten/kota di Sumsel, terdapat 6 daerah yang masih akan dilakukan perbaikan DPTnya, hal ini karena data yang dimiliki KPU dan Panwaslu setempat  berbeda-beda.

Keenam daerah tersebut yaitu, kota Pagar Alam yang mengalami data berbeda hingga 1.700 pemilih, OKUS 300 pemilih, Muba, Prabumulih, Empat Lawang dan Lubuk Linggau.

"Apa yang terjadi di Pagar Alam,kemungkinan data Panwas yang ada merupakan data Pilwako beberapa bulan lalu, dan ini bisa saja berubah untuk pilgub. Tidak menutup kemungkinan jeda beberapa bula ini ada pemilih sudah mencukupi umur memungkinkan untuk penambahan, kemudian hal-hal lain yang bisa menambahkan dan tidak tertutup kekeliruhan," terangnya.

Untuk itu, pihaknya meminta untuk mensingkronkan penjumlahannya yang benar yang akan dilakukan KPU dan Panwaslu setempat, dalam kurun waktu 7 hari kedepan.

"Pasca penetapan ini KPU dan Panwaslu akan menyelesaikan ketingkat bawah dan ini masih bisa berubah, karena kemungkinan kekeliruan atau data salah. Tetapi tetap diproses dan waktu dibatasi seminggu ini
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas