• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Sumsel

Soal UN Bahasa Inggris Ternyata Sulit

Selasa, 23 April 2013 18:24 WIB
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTS di Palembang dengan jadwal pelajaran bahasa Inggris kali ini banyak dari siswa UN yang merasa kesulitan dengan soal yang diberikan. Pasalnya kebanyakan dari mereka tidak dapat menjawab dengan lancar soal-soal tersebut akibat merasa bahwa tingkat kesulitan yang cukup tinggi dari latihan-latihan yang telah mereka lakukan.

Satu diantara siswa tersebut adalah Yulia Dewi, seorang siswa  SMPN 13 Palembang yang hanya dapat mengerjakan tidak sampai separuh dari 50 soal bahasa Inggris.

"Dari semua soal UN bahasa Inggris hari ini cuma bisa menjawab dengan yakin sekitar 20 soal saja. Sedangkan sisanya saya hanya bisa menebak-nebak saja dengan taktik mencari kata-kata yang mirip dari pertanyaan," ujar Yulia usai keluar dari kelas setelah mengerjakan UN di SMPN 13 Palembang, Selasa (23/4/2013).

Hal serupa juga dialami oleh Erlangga dari SMA Karya Darma yang mengaku juga kesulitan saat mengerjakan soal UN bahasa Inggris hari ini. Dirinya mulai kesulitan mengerjakan soal saat memasuki soal ke 21. Menurutnya mulai dari nomor tersebut dirinya sudah tidak mengerti lagi dan hanya berusaha untuk menebak jawaban berdasarkan kemiripan dari pertanyaan dan wacana.

"Yah terpaksa menebak-nebak saja berdasarkan kemiripan soal, karena sudah sangat sulit sekali mulai soal nomor 21,"  ungkap Erlangga.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah SMPN 13 Palembang, Heni Suryani mengatakan bahwa para guru telah berusaha memberikan latihan dan sola-soal serta Try Out kepada siswa semaksimal mungkin. Setelah itu semua tergantung kepada para siswa itu sendiri apakah mau berusaha dengan keras atau hanya cuek saja. Meskipun begitu dirinya tetap optimis SMPN 13 bisa lulus 100 persen sama seperti tahun lalu.

"Kami dari pihak sekolah telah berusaha maksimal dalam memberikan materi-materi soal ujian bahasa Inggris. Semuanya tergantung dari para siswa masing-masing, pasti ada yang menganggap soal-soal ujian itu mudah dan ada yang mengaggap sulit," tutur Heni.

Sementara itu, untuk pelaksanaan UN dua hari ini, lanjut Heni, berjalan lancar dan aman tanpa ada halangan yang berarti. Tidak ada kerusakan Lembar Jawaban Komputer Ujian Nasional (LJKUN) yang dikeluhkan oleh siswa selama pelaksanaan UN SMP/Mts berlangsung.

"Dari sekitar 1029 siswa yang mengikuti UN di sub rayon 11 ada 13 orang yang tidak dapat mengikuti UN. Kebanyakan dari mereka tidak dapat ikut dikarenakan banyak yang putus sekolah," tukasnya.
Penulis: Kharisma Tri Saputra
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
96634 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas